TESIS MANAJEMEN PENDIDIKAN (PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA PADA SISWA KELAS VIII )


PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR  DAN  KONDISI  EKONOMI  ORANG  TUA PADA SISWA KELAS VIII SMP N KECAMATAN JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2007/2008

ABSTRAKSI

________________ , Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar  Dan  Kondisi  Ekonomi  Orang  Tua Pada Siswa Kelas VIII Smp N Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2007/2008.

            Fungsi pendidikan itu akan berhasil dengan baik apabila siswa dapat menyerap dan memahami pelajaran yang diterima, sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang baik. Namun pada kenyataannya untuk mencapai prestasi belajar yang baik tidak semudah yang diharapkan, karena setiap siswa akan mengalami kesulitan belajar, faktor-faktor penyebab timbulnya kesulitan belajar terdiri dari 2 macam yaitu : 1) Faktor internal siswa, adalah hal-hal atau keadaan yang muncul dari dalam diri siswa sendiri. Faktor internal ini meliputi gangguan atau kekurang-mampuan psiko fisik siswa, sepeerti salah satunya adalah minat, dan 2) Faktor eksternal siswa, adalah semua situasi dan kondisi material maupun non-material di sekitar, yang mempengaruhi kualitas belajar siswa. Faktor eksternal ini meliputi lingkungan keluarga baik secara ekonomi atau sosial, lingkungan masyarakat dan atau di sekolah.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) Pengaruh perbedaan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar Matematika, 2) Peengaruh perbedaan kondisi ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar Matematika 3) Hubungan pengaruh minat belajar siswa dan kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar Matematika pada siswa

            Sesuai dengan judul penelitian ini, yang akan diteliti adalah kontribusi atau pengaruh minat belajar siswa dan kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar Matematika siswa. Untuk mengetahui pengaruh tersebut dilakukan analisis perbandingan setiap variasi variabel bebas, sekaligus dilihat faktor-faktor yang berinteraksi terhadap variabel terikat. Berkaitan dengan hal tesebut rancangan yang paling tepat digunakan adalah rancangan faktorial dengan teknik analisis varian (ANAVA).

            Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan : 1) harga Fobs = 0,5017 setelah dikonsultasikan dengan nilai F table = 4,00 pad tabel untuk taraf signifikansi 5% didapatkan, maka F(obs) > Ftabel  atau 0,5017 > 4,00. Dengan demikian hasil penelitian ini adalah menolak H0 dan menerima H1 Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan minat belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. 2) harga Fobs = 6,4417 setelah dikonsultasikan dengan nilai F table = 3,15 pada tabel untuk taraf signifikansi 5% didapatkan, maka F(obs > Ftabel  atau 6,4417 > 3,15.  Dengan demikian hasil penelitian ini adalah menerima H0 dan menerima H1. Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan keadaan ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. 3) harga Fobs = 1,0603 setelah dikonsultasikan dengan nilai F table = 3,15 pad tabel untuk taraf signifikansi 5% didapatkan, maka F(obs > Ftabel  atau 1,0603 < 3,15. Dengan demikian hasil penelitian ini adalah menolak H0 dan menerima H1. Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan interaksi kedua variabel (minat belajar dan keadaan ekonomi orang tua) berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bina Aksara.

Bimo Walgito. 1983. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogjakarta : Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Dewa Ketut Sukardi. 1982. Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT. Bina Aksara

Dimyati dan Murdjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :  Dirjen Pendidikan Tinggi, Depdikbud.

Dimyati Mahmud. 1982. Psikologi Pendidikan. Yogjakarta : Raka Press.

H.A.R Tilaar. 1990. Pendidikan dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI.  Jakarta : Balai Pustaka.

Kartono Kartini. 1985. Peranan Keluarga Memandu Anak. Jakarta : Rajawali.

Muhammad Rofikin. 2002. Hubungan antara Kemiskinan dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Biologi pada Siswa Kelas II SLTP Kecamatan Purwantoro. Tesis. Surakarta : FPS UNS.

Peraturan Pemerintah RI No. 28 Tahun 1990. Pendidikan Dasar. Jakarta : Depdikbud.

Poerwodarminto, WJS. (1983). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Purwadi. 2002. Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SLTP Negeri Kabupaten Karanganyar. Tesis. Surakarta : FPS UNS.

Singgih Santoso. (2000). SPSS Statistik Parametrik. Jakarta : PT. Elex media Komputindo Kelompok Gramedia.

Soetrisno R. 2001. Pemberdayaan Masyarakat dan Upaya Pembebasan Kemiskinan. Jakarta : Phylosophy Press.

Sudjana, MA. Prof. Dr. M.Si. (1995). Metoda Statistika.Bandung : Tarsito.

Sudjana. 1983. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi bagi Para Peneliti. Bandung: Tarsito.

Sunardi, Dr. (1997). Ortopedagogik Umum II, Anak Berkesulitan Belajar.  Solo : UNS Press.

Sutrisno Hadi. (1983). Metodologi Research I. Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Sutrisno, Hadi. 1983. Statistik Jilid II. Yogjakarta : Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Syamsu Yusuf. LN. Dr. M.Pd. (2002). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Tien Supartinah MS, Dra. (1995). Psikologi Anak Luar Biasa. Solo : UNS Press.

Undang – undang No. 2 Tahun 1989. 1992. Undang – undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.

Underwood, Mary. 2000. Pengelolaan kelas yang efektif : Suatu Pendekatan Praktis (alih baha

sa oleh Susi Purwoko). Jakarta : Arcan.

Utami Munandar, Prof. Dr. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : PT. Rineka Cipta dan Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Winkel, WS. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia.

Witherington. 1983. Psikologi Pendidikan. Diterjemahkan oleh Suharsimi Arikunto (1983)  Jakarta : Bina Aksara.

Zainal Arifin. 1991. Evaluasi Instruksional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan komentar