PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN DI SEKOLAH INDONESIA JEDDAH (SIJ)) )


PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN DI SEKOLAH INDONESIA JEDDAH (SIJ) TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengethui (1) Deskripsi pelaksanaan supervisi klinis di SIJ untuk meningkatkan kompetensi guru di SIJ dalam kompetensi mengembangkan model pembelajaran; (2) Deskripsi peningkatan  kompetensi guru SIJ dalam menentukan model pembelajaran bermutu.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanaka di Sekolah Indonesia-Jeddah (SIJ) pada semester gasal tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian menggunakan metode kualititaif.

Berdasarkan atas hasil penelitian, dibuat simpulan sebagai berikut: a) Pelaksanaan supervisi klinis dikembangkan dengan cara: (1) Membangun kesepakatan untuk poin observasi secara langsung dalam proses pengembangan model pembelajaran baru oleh guru; (2) Pelaksanaan observasi kelas dengan lembar observasi berdasarkan poin-poin yang disepakati saat membangun kesepakatan guru-siswa, serta menggunakan rekaman recorder untuk merekam aktivitas penting; Melakukan observasi respon siswa terhadap guru dan respon balik dari guru saat dikembangkan model pembelajaran; Melakukan observasi hasil belajar siswa pre test dan post test; (3) Supervisor melakukan feed back langsung untuk bagian-bagian yang penting dan sulit dnegan memberikan contoh prosedur yang riil, dan tidak melakukannya untuk bagian yang tidak rumit; (4) Melakukan pertemuan feed back I untuk merespon temuan kepala sekolah, dengan: (a) Analisis perbedaan dan persamaan perilaku siswa dan guru terhadap harapan yang ditetapkan semula; (b) Analisis kesesuaian langkah-langkah guru dalam mengembangkan model pembelajaran pada tahap pembelajaran pendahuluan, inti pembelajaran, dan penutupan terhadap konsep kependidikan dan kondisi umum siswa-guru; (c) Analisis tentang permasalahan yang dialami guru dan siswa; (d) Analisis ketercapaian tujuan pembelajaran; (e) Analisis kemungkinan perbaikan yang diperlukan; (5) Melakukan pertemuan feed back II dengan: (a) Mendiskusikan bagaimana pertimbangan guru dalam menentukan langkah-langkah pembelajaran; (b) Mendiskusikan temuan-temuan supervisor terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaran yang dikembangkan guru, serta memasukkan tujuan dan kehendak guru yang relevan dengan proses pembelajaran; (c) Mendiskusikan solusi dan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan tercapainya tujuan pendidikan; (e) Membangun motivasi guru; (f) Mendiskusikan inovasi yang mungkin dikembangkan guru; (g) Pelaksanaan Pembelajaran II; b) Pelaksanaan supervisi klinis mampu meningkatkan kompetensi guru mengembangkan model pembelajaran di SIJ.

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Moch. Idochi. (2004). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Harahap, Baharuddin. (1983). Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan oleh Guru, Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya.

Joni, T. Raka. (1984). Pedoman Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Dirjen  Pendidikan Tinggi Depdikbud

Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung:  PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E., (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Robbins, Stephen P., (2001), Organizational Behavior, New Jersey: Pearson Education International.

Robotham, David, (1996), Competences : Measuring The Immeasurable, Management Development Review, Vol. 9, No. 5, hal. 25-29.

Sofo. Francesco, (1999). Human Resource Development, Perspective, Roles and Practice Choice. Business  and Professional Publishing, Warriewood, NWS

Spencer, Lyle M., Jr. & Signe M., Spencer. (1993). Competence at Work: Models for Superior Performance. John Wiley & Sons. Inc.

Surya, Muhammad. (2003). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.

Sutisna, Oteng. (1993). Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis dan Praktis Profesional. Bandung: Angkasa

Syah, Muhibbin. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. (1994). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wirawan. (2002). Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Yayasan Bangun Indonesia & UHAMKA Press.

Yutmini, Sri. (1992). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: FKIP UNS.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan memesannya via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472  / PIN : 2771D5FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s