TESIS MANAJEMEN PENDIDIKAN (Kebijakan Akreditasi Sekolah Berkaitan Dengan Peningkatan Mutu Hasil Belajar)


KEBIJAKAN AKREDITAS SEKOLAH BERKAITAN DENGAN PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR SISWA ( STUDI DI SMA NEGERI 1 SALAMAN BAKUPATEN MAGELANG )

ABSTRAK

___________  : Program Kebijakan Akreditasi Sekolah Hubungannya Dengan Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa ( Studi di SMA Negeri 1 Salaman Kabupaten Magelang ).

Prose evaluasi terhadap seluruh aspek pendidikan harus diarahkan pada upaya untuk menjamin terselenggaranya layanan pen didikan yang berkualitas dan memberdayakan mereka yang divaluasi sehingga menghasilkan lulusan pendidikan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Artinya pihak yang dievaluasi, apakah itu administrator pendidikan, kepala sekolah, guru, atau siswa akan merasakan bahwa kegiatan evaluasi membantu untuk mengenal berbagai kelebihan dan kekurangannya, serta memebrikan arah yang jelas dilakukan untuk mencapai kulaitas pendidikan yang lebih baik. Oleh karena itu evaluasi harus dilakukan secara berkesinambungan, komprehensif , dan tranparan serta memotivasi pesrta didik dan pengelola pendidikan untuk terus menerus berupaya meningkatkan mutu kegiatan pembelajara dan pendidikan.

Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui stadar acuan dan pelaksanaan akreditasi sekolah serta untuk mengetahui hubungan akreditasi sekolah dengan peningkatan mutu hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Salaman Kabupaten Magelang.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dokumentasi, dan observasi. Subyek penelitian adalah SMA Ngeri 1 Salaman Kabupaten magelang

Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan dan kemajuan yang cukup signifikan dalam berbagai sektor baik fisik maupun proses pembelajaran. Hal ini disebabkan dengan adanya program  dan pelaksanaan akreditasi yang dapat mendorong dan mempercepat pertumbuhan dan perkembangan sekolah kaitannya dengan kebutuhan untuk mencapai keungulan yang lebih baik, relevan, dan efektifvitas serta memotivasi sekolah dalam rangka mencapai standar meutu pendidikan yang diinginkan. Namun demikian bukan berate tanpa kekurangan dan kelemahan di berbagai bidang, karena adanya faktor – faktor penghambat. Untuk itu perlu adanya evaluasi secara obyektif dan kritis terutama pola manajemen dan proses pembelajaran.

Guna meningkatkan mutu hasil belajar siswa, hendaknya pihak manajemen dan pengelola SMA Ngeri 1 Salaman Kabupaten magelang harus melakukan upaya – upaya perbaikan dan peningkatan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjukkan kelancaran kegiatan belajar mengajar.

Kata kunci : Akreditasi Sekolah, Hasil Belajar, Proses Belajar Mengajar

DAFTAR PUSTAKA

Abror, A.R,. (1990). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung : Angkasa

Abu, Ahmadi., ( 1999 ). Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta.

Abu, Ahmadi, dan Supriyono, (1991), Psikologio Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Amy, W.K.&.Christy, C. (2006). Assessment of Student Learning Outcomes in FCS Programs. Journal of Family and Consumer Sciences. 98(1).74.

Amminuddin, (1990). Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bahasa dan Sastra. Malang : Yayasan Asih, Asah dan Asuh

Ann Marie Ryan. (2006). Negotiating Assemilition : Chicago Cattholic High School’s Pursuit of Accreditation in the Early Twentienth Century. History of Education Quiarterl. 46 (3). 363-372

Arcaro, Jerome, S. (2006) Pendidikan Berbasis Mutu Prinsip – Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Balitbang, Depdiknas, (2000), Modus Kerja Sama Pemerintahan dan Swasta di Bidang Pendidikan : Membentuk Paradigma Yang Baru, Jakarta

Banjermasin Post, Senin, 08 Nopember 2004, 20:50

Chairani, Zahra, AM., (2004). Akreditasi Sekolah. Banjarmasin Post

Chandrashekar, D.C.,George, M.K.&. Rischard, R. (2005). The Accreditation Process for IS Programs in Business Schools. Journal of Information System Education. 16 (2), 207

Depsiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Dikrotorat Pendidikan Lanjutan Pertama,. (2002) Akreditasi Sekolah : Konsep dan Pelaksanaannya, Surakarta : Depaetement Pendidikan Nasional

Depdiknas, (2006), Prosedur Akreditasi Sekolah, Jakarta : Basnas

Depdiknas, (2002). Materi Pelatihan Terpadu Untuk Kepala Dinas Kabupaten Kota. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Hadi, Sutrisno,.(1981) Methodologi  Research, Yogyakarta : Fakultas Psilogi UGM

Hadiyanto,..(2004) Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia Jakarta : Rineka Cipta

Himpunan Perundang – undangan Republik Indonesia Tentang Guru dan Dosen (2006). Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2005 Beserta Penjelasannya Bandung : Nuasa Aulia.

http://www.indomedia.com/bpost/112004/9/opini/opini1.htm.10 April 2007

http://siteresources.worldbank.org/intidonesia/Resoureces/Publication. 10 April 2007

kartowidjadja, E.S,. (1995). Pengukuran dan Hasil Evaluasi Belajar. Bandung Sinar Baru.

Kompas, 3 Februasi 2006

Lampung Post, Kamis, 27 januari 2005

Majid, Abdul ( 2006). Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompotensi Guru. Bandung : Rosdakarya

Mulyasa,. (2002) Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta : Rosda karya

Moelong, Lexy,. (2004). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya

Nasution,..(2004) Manajemen Mutu Terpadu, Bogor : Ghalia Indonesia

Nasution S.,, (2001) Metode Research penelitian Ilmiah. Jakarta Bumi Aksara

Pidarta, Made., (2004) Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta

Poerwadarminta,.. (2004) Konsep Diri dalam Pendidikan. Jakarta. Arca

Rohidi, Rohendi, Tjetjep,.. (1992) Analisis Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta

Singarimbun, Masri, dan Effendi, Soffian, (1986). Metode Survei. Jakarta : LP3ES

Slamet, PH. (2002). Pedoman Umum Pelaksanaan Akreditasi Sekolah. Jakarta : Badan Akreditasi Sekolah Nasional Departemen Pendidikan Nasional

Slameto, (1995), Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.

Shochib, Moh., (1998)., Bimbingan dan Penyuluhan, Jakarta : Gajah Tunggal

Soedijarto, MA. (2003). Kebijakan Akreditasi Sekolah. BASNAS

Tayibnapis, Farida, Yusuf, (2000), Evaluasi Program. Jakarta : Rineka Cipta

Tilaar, H.A.R.(2002). Membenahi Pendidikan Nasional . Jakarta : Rineka Cipta

 Tilaar, H.A.R.(2002). Standarisasi Pendidikan Nasional  . Jakarta : Rineka Cipta

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun (2003). Sitem Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

www.geocities.com/arsip_nasional. 10 April 2007

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s