SKRIPSI PENDIDIKAN ( PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI)


PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009 / 2010

ABSTRAK

______________. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemampuan ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi. (3)Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan kemampuan ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan mengambil populasi seluruh siswa/siswi kelas XI jurusan IPS SMA N 2 Sukoharjo sebanyak 122 siswa, dan diambil sampel sebanyak 80 siswa dengan teknik proporsional random sampling dengan cara undian. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket. Sebelum digunakan dalam penelitian, angket diuji cobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan uji prasyarat analisis untuk mengetahui heteroskedastisitas dan normalitas. Baru dilakukan pengujian hipotesis dengan teknik analisis regresi ganda dengan uji t, uji f, dan R.2

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persamaan regresi linear berganda sebagai berikut : Y= 4,316 + 0,077.X1 + 0,065.X2. Berdasar hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, 1) motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasar hasil perhitungan thitung untuk variabel moyivasi belajar sebesar 7,762. sehingga thitung > ttabel atau 7,762>2,000 (05,0=α). 2) Kemampuan ekonomi orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasar hasil perhitungan, t untuk variabel kemampuan ekonomi orang tua sebesar 5,614. sehingga thitunghitung > ttabel atau 5,614>2,000 (05,0=α). 3) Motivasi belajar dan kemampuan ekonomi orang tua bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasar perhitungan Fhitung > Ftabel atau 75,378>3,150 (05,0=α). Hasil perhitungan untuk nilai R sebesar 0,662. berarti, 66,2% prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh variabel motivasi belajar dan kemampuan ekonomi orang tua. Sisanya 33,8% prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh factor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Kemampuan Ekonomi Orang tua, Prestasi Belajar akuntansi

DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi dan Widodo S. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Budiyono. 2004. Statistika untuk penelitian. Surakarta. Sebelas Maret University Press.

Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta : Depdiknas.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rieneke Cipta.

Hadari Nawawi. 2005. Penelitian Terapan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Haryono. 1994. Dasar-dasar Akuntansi. Yogyakarta : STIE YKPN.

Khusnul Chotimah. 2005. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (Studi kasus pada siswa kelas II SMK Negeri I Sragen Tahun Pelajaran 2004/2005). UMS.Tidak diterbitkan

M. Ngalim Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nika Utami. 2007.Pengaruh Pemberian Bantuan Oprasional Sekolah dan Kemampuan Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi belajar Ekonomi.. UMS: Tidak diterbitkan.

Rumindi Sukandar. 2002. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Penelitian Pemula. Yogyakarta : UGM Press.

Sardiman AM. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfa Beta.

Sugiyono. 2003. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : Alfa Beta.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi. 1993. Metodologi Research. Yogyakarta : Andi Offset.

Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

.Tim Penyusun. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Depdiknas

Winkel. 2007. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Media Abadi.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan memesannya via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472 / PIN : 2771D5FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s