PTK SMA SEJARAH (PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI SEJARAH)


PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN “PROBLEM POSING” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI SEJARAH
(Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri
101 Jakarta)

ABSTRAK

_________. Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Bidang Studi Sejarah. Suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMA Negeri 101 Jakarta. Jakarta : 2009.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh paparan tentang penggunaan problem posing dalam meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif. Penelitian dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2008/2009 dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dari bulan Februari sampai dengan Maret 2009. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 101 Jakarta. Topik pembelajaran yang dipilih adalah pokok bahasa Perubahan Dunia Setelah Perang Dunia II. Pendekatan problem posing dilakukan dengan langkah-langkah pada setiap siklus : (1) membahas materi pelajaran, (2) membagi siswa kedalam kelompok, (3) melaksanakan kegiatan problem posing, (4) mengadakan remedial bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal yang ditetapkan, (5) membagikan angket berisi pengalaman belajar siswa dengan pendekatan problem posing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan problem posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dengan hasil nilai rata-rata ulangan harian setelah siklus I adalah 62,00 dengan ketuntasan klasikal 55% selanjutnya setelah pelaksanaan siklus II hasil rata-rata nilai ulangan harian menjadi 73,50 dengan ketuntasan klasikal 87,5%.

Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 101 Jakarta, khususnya pembelajaran dengan pendekatan problem posing pada pelajaran Sejarah yang dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa umumnya.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. ED. Rev. Jakarta : Bumi Aksara.

. 2002. Prosedur  Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Azwar, Saifuddin. 2002. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

C. Hurlock, Elizabeth. Child Development Six Edition. Alih Bahasa. Dr. Med. Meitasari Tjandrasa. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga

Djaali (et al). 2000. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : PPs. Universitas Negeri Jakarta

Kerlinget, Fred N. 2003. Azas-azas Penelitian Behavioral, Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Kurikulum SMA. 2004. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta : Dep. Dik. Nas.

Mathematics Research Teacher Handbook. Problem Posing. Diakses dari http://www2.edc.org/makingmath/handbook/teacher/Problemposing/problemposing.asp13/12/2006

Marhijanto, Bambang. 2003. Bakat dan Kemampuan, Surabaya : Putra Pelajar

Moleong, L. J. 1994. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Munandar, S.C. Utami. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Muwarni, R. Santosa. 2003. Statistika Terapan. Jakarta : PPs UHAMKA

Nazir, Mohammad. 1999. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

Rasyad, Aminuddin. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : UHAMKA Press & Yayasan PEP-EX 8

Saad, Syofyan. 2003. Pedoman Penulisan Tesis PPs UHAMKA. Jakarta : PPs UHAMKA

Sangarimbun, Masri dan Effendi Sofian (ed) 1998. Metode Penelitian Survai. Jakarta : Pustaka LP3ES Indonesia

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sudijono, Anas. 1998. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo. Persada

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : alfabeta

Sumadi, Suryabrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan memesannya via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s