PTK SMP BAHASA INDONESIA (Membaca Dengan Penerapan Strategi Elaborasi PQ4R)


PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN PENERAPAN STRATEGI ELABORASI PQ4R PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KAWEDANAN KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

Sri Lestari. 2009. Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Penerapan Strategi Elaborasi PQ4R Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Kawedanan Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun, Pembimbing (I) Drs. V. Teguh Suharto, M.Pd. (II) Elen Inderasari, S.Pd, M. Pd.

Kata Kunci : Kemampuan membaca, PQ4R

Penelitian ini betujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan membaca siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kawedanan, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009 sebelum menggunakan strategi elaborasi PQ4R, (2) mengetahui kemampuan membaca siswa kelas VI1 A SMP Negeri 3 Kawedanan, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009 sesudah menggunakan strategi elaborasi PQ4R, dan (3) mengetahui efektifitas strategi elaborasi PQ4R pada pembelajaran membaca siswa kelas VII A SMPNegeri 3 Kawedanan, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009.

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kawedanan, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan terhitung raulai bulan April 2009 sampai dengan bulan Juli 2009.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi elaborasi PQ4R sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca siswa. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kawedanan, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa.

Dari hasil penafsiran analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa strategi elaborasi PQ4R efektif pada pembelajaran membaca siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kawedanan, Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009.

DAFTAR PUSTAKA

Dawud. 2007. Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Apresiasi Cerita di Sekolah Dasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Gorys Keraf. 1991. Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo.

Henry Guntur Tarigan. 1990. Membaca dalam Kehidupan. Bandung: Penerbit Angkasa

I Gusti Ngurah Oka. 1983. Pengantur Membaca dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasional

Muchlisoh. 1992. Materi Pokok Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Depdikbud

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan komentar