PTK SMP FISIKA (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA-FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP)


PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA-FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

____________. Peningkatan Prestasi Belajar IPA-Fisika Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali Semester 1 Tahun Pelajaran 2008/2009

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah pengambilan keputusan, dengan dilakukannya penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan bahwa meningkatkan hasil ulangan harian IPA-Fisika pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2008/2009

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus. Populasi penelitian ini yang sekaligus sebagai subjek penelitian diambil dari semua siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 38 orang. Pelaksanaan setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengumpulan data, dan pengolahan data. Sebagai variabel bebas adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan sebagai variabel terikat adalah hasil ulangan harian IPA-Fisika. Untuk mengumpulkan data aktivitas dalam penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) digunakan teknik observasi dan data ulangan harian IPA-Fisika digunakan teknik tes. Teknik analisis data penelitian hasil ulangan harian IPA-Fisika digunakan ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA-Fisika.

 Sesuai dengan anaJisis data peneJitian prestasi belajar IPA-Fisika diperoleh hasil sebagai berikut: setelah siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA-Fisika sebesar 5,27% ; setelah siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA-Fisika sebesar 10,52% ; dan setelah siklus III terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA-Fisika sebesar 23,69%. Oleh karena itu, selama pelaksanaan ketiga siklus penelitian ini telah terjadi menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPA-Fisika atau ketuntasan belajar klasikal IPA-Fisika. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat digunakan untuk meningkatkan hasil ulangan harian IPA-Fisika pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2008/2009″ diterima.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Djauzak. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdikbud.

____________. 1994. Pedoman Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar di Sekolah

Dasar. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Bina Aksara. Dharma, Agus. 2QQ3. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Bina Internet.

Fajar, A. Malik 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 : Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Hadi,   Sutrisno. 1982 Metodologi Research 2. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Hasan, Fuad. 1993. Petunjuk Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdikbud.

Kartikawati, Etty. 2003. Profesi Keguruan. Jakarta: Karunika.

Karso. 1993. Dasar-dasar HmuPengetahuanAlam. Jakarta: Universitas Terbuka.

Malo, Manasse. 1985. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Karunika.

Moeliono, Anton, M. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Muhammad,  Hamid. 2004. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama: Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Ditjendikdasmen Depdiknas.

Priyono, Andreas. 2000. Pedoman Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom-Based Action Research). Semarang: Proyek P2M SLIP Jateng.

Purwanto,   M. Ngalim. 1997. Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadiman, Arief S. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Sudjana, Nana. 1989.Penilaian Basil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2003. Prosedur Penelitian Ilmiah. Jakarta: Rajawali.

Suryabrata, Sumadi.  1990. Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Sutrisno.   2005.   Penerapan   Contextual  Teaching and Learning  (CTL)   dalam Pembelajaran. Surakarta: Angksa Jaya

Syukur. 2001. Metode Penelitian Pendidikan. Semarang: Media Wiyata.

Tirtonegoro,  Sutratinah.   1989. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Biro Aksara.

Umaedi. 2001.   Manajemen   Peningkatan   Mutu   Berbasis   Sekolah.    Jakarta: Ditjendikdasmen Depdiknas.

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan memesannya via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s