PTK SMP FISIKA (PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK SISWA KELAS IX)


PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 18 CIREBON

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul Penerapan Model Group Investigation DalamPeningkatan Pembelajaran Induksi Elektromaknetik Siswa Kelas IX D SMP Negeri 18 Cirebon  dilator belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa (nilai) baik dalam ulangan harian, ulangan semester  maupun Ujian Akhir Sekolah, yaitu dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minal (6,0)

Rendahnya prestasi siswa dimungkinkan salah satu adalah penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih berpusat pada guru, sehingga aktifitas siswa tidak optimal

Melalui penerapan model Demonstrasi diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa belajar fisika yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa

Subyek penelitian adalah siswa kelas IX D SMPN 18 Cirebon dengan jumlah laki-laki 21 orang dan perempuan 20 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa hasil observasi dan metode kuantitatif berupa hasil p[ra test dan pasca test.

Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dan masing – masing siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil Dari data kuantitatif maupun data kualitatif dari siklus I ke siklus II. Hasil temuan kuantitatif terhadap prestasi belajar siswa meningkat dari rata-rata nilai 5,71 menjadi 7,24 atau mengalami peningkatan 27,32% sedangkan secara kelompok dari 7,56 menjadi 8,63 atau mengalami peningkatan 14,15%. Sedangkan hasil temuan kualitatif menunjukkan adanya peningkatan dalam hal perhatian, keberanian, kesungguhan, kemampuan dalam pembelajaran induksi Elektromaknetik. Berdasarkan temuan tersebut model pembelajaran Group Investigation hendaknya dapat digunakan dalam pembelajaran fisika, karena memiliki dampak yang sangat positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya dan dapat mendorong siswa menjadi aktif di setiap proses pembelajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. (2002). Pendekatan Konstektual. Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta

Depdiknas. (2003) paket Bahan Ajar Guru Fisika SLTP. BPG Bandung

Hidayat. (2004) Diktat Kuliah Teori Pembelajaran. Semarang. FPMIPA UNNES.

Shrie Laksmi Saraswati. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung

Suyitno. (2004) dasar-dasar Prosews Pembelajaran. Semarang FPMIPA UNNES

Zainal Aqib. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. YRAMA WIDYA.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan memesannya via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s