SKRIPSI PENDIDIKAN SEJARAH (Hubungan antara Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV-V Semester 2 SD)


HUBUNGAN ANTARA PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN ANAK SEKOLAH (PMT – AS) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV – V SEMESTER 2 SD NEGERI KEBONDALEM 01 KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2002/2003

ABSTRAK

__________ “Hubungan Antara Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV – V Semester 2 SD Negeri Kebondalem 01 Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2002/2003”

Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial -IKIP Veteran Semarang 2003.

Masalah dalam penelitian ini adalah hubungan yang segnifikan antara program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah ( PMT – AS ) dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV – V Semester 2 SD Negeri Kebondalem 01 Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2002/2003.

Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan PMT – AS, prestasi belajar siswa dan untuk mencari hubungan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV – V SD Negeri Kebondalem 01 Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.

Tehnik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang hubungan antara program pemberian makanan tambahan anak sekolah dan digunakan untuk memperoleh data tentang hubungan antara program pemberian makanan anak sekolah dan hasil pembelajaran siswa sebelum diadakan penelitian, dokumentasi digunakan untuk mengungkap tentang prestasi belajar siswa. Observasi digunakan untuk mengamati secara langsung mengenai kegiatan belajar siswa. Sedangkan wawancara digunakan untuk mendapatkan gambaran umum sekolah.

Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan menggunakan tekhnik analisa product moment angka kasar dari Karl Pearson.

Sedangkan data tentang PMT-AS dan prestasi belajar siswa diolah dengan menggunakan tehnik analisa product moment. Hasil analisa diperoleh koevisien korelasi r hitung sebesar 8,442. Ternyata korelasi atau hubungan antara Program Pemberian Makanan T ambahan Anak Sekolah (PMT-AS) dengan prestasi Belajar Siswa kelas IV – V semester 2 adalah signifikan, karena harga koefisien korelasi atau r hitung lebih besar dari pada v tabel atau 8,442 > 0,487 > 0,381.

Penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara program Pemberian Makanan Tambahan terhadap Anak Sekolah (PMT-AS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV – V Semester 2 SD Negeri IKebondalem 01 Kecamatan Jambu Kabupaten semarang Tahun pelajaran 2002/2003. Walaupun sumbangan yang diberikan kecil, hasil penelitian ini di harapkan dapat berguna sebagai tambahan pengetahuan.

DAFTAR PUSTAKA

Departemen Dalam Negeri, 2000, Pedoman Pelaksanaan clan Pengendalian Program Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT – AS )

Departemen Kesehatan RI, 2000, Pedoman Pemantauan Konsumsi Gizi, Jakarta, Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat Direktorat Gizi Masyarakat

Departemen Kesehatan RI, 2000, Petunjuk Teknis Pemantauan Status Gizi ( PSG) Anak, Jakarta, Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat Direktorat Gizi Masyarakat

Departemen Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jendral Anggaran Kantor Pusat, Jakarta, Penyediaan, Penyaluran dan Pencairan Dana PMT-AS

Pedoman Pelatihan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah ( PMT – AS ) Tingkat Desa / Kelurahan, Jakarta, 1997, Forum Koordinasi PMT – AS Tingkat Pusat

Sugiyono, 2002, Sistematika Untuk Penelitian, Bandung, CV. Alfabeta

Suhartimi Arikunto, 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta

WJS. Poerwadarminto, 1982, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka

Untuk memesan/mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s