PTK SMA BAHASA INGGRIS (Penggunaan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Penguasaan Simple Present Tense Pada Siswa Kelas X)


PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAM – ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN SIMPLE PRESENT TENSE PADA SISWA KELAS X MA AL KAHFI BAWU MOJO BATEALIT – JEPARA TAHUN PELAJARAN 2010-2011

ABSTRAK

__________, (2011) Penggunaan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Penguasaan Simple Present Tense Pada Siswa Kelas X MA AL KAHFI Bawu Mojo Batealit Jepara 2010-2011. Sekripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

Kata Kunci : Metode STAD, Meningkatkan, dan Simple Present Tense

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan Simple Present Tense pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas X MA Al Kahfi Bawu Mojo Batealit Jepara. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah pola dan bentuk kalimat Simple Present Tense.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan mengunakan metode Student Team – Achievement Division (STAD) dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan rancangan dari Kemmis dan Teggart (1988) melalui empat tahap yaitu; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan (4) refleksi serta menngunakan pre-test dan pos-test. Subject penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al Kahfi Bawu Mojo Batealit Jepara yang terdiri dari 12 siswa pada pembelajartan Bahasa Inggris.

Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan metode Student Team – Achievement Division (STAD) berhasil mewujudkan tujuan penelitian. Keberhasilan dinyatakan atas dasar kesimpulan bahwa penggunaan metode STAD memberikan dampak intruksional berupa; peningkatan penguasaan Simple Present Tense hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan aktifitas siswa dalam kegiatan kelas. Antara lain keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan guru, mengungkapkan pendapat serta bekerjasama dalam berdiskusi dan presentasi, serta ditunjukkan dengan hasil pos-test pada siklus I yaitu sebesar 5,3, pos-test pada siklus II sebesar 5,9 dan pos-test pada siklus III sebesar 7,6 hal ini bearti antara siklus I dan II mengalami peningkatan sebesar 0,4 dan pada siklus II dan III mengalami peningkatan 1,75.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Rohani, Abu Ahmadi. 1991. Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan di Sekolah, Cet. I. Bumi Aksara. Jakarta.

Anas Sudijono, 2005, Pengantar Statistik Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineke Cipta (Anggota IKAPI).

Djohar. 1985. Sejaran Pendidikan Sains dan Implikasinya bagi pengembangan Konsep Belajar Mengajar IPA. Cakrawala. Yogyakarta.

Endy (2005) yang berjudul, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Gambar Teknis di SMK Negeri I Kendal”.

http://www.belaiaringgris.net/belajar-tenses-the-simple-present­tense.html/18:50/20-12-2010

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Iqbal Hasan, 2002, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lie, A. 2002. Cooperative Learning (Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Penerbit PT Gramedia Sarana Indonesia.

Lukman, Ali 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mahfaudz, Sholahuddin. 1996. Pengantar Psikologi Pendidikan. PT. Bina Ilmu. Surabaya.

Marcella, Frank. 1972. Modern English, New York: Prentice-Hall, Inc.

Moleong, L. J.. 1994. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBL. Malang: UM Press.

Mulyasa, 2005, Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Oemar, Hamalik. 2005 Proses Belajar Mengajar. Cet ke-4. Bumi Aksara. Jakarta:

Puji Ekowati (2006) yang berjudul, “Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMAN I Srenget Blitar Pada Pokek Bahasan Permasalahan Ekonomi”.

Rochiati W, 2005, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, Rosdakarya. Slavin, Robert E.. 2008. Cooperative learning.. London: Nusa Media.

Suratsih, dkk. 2001. Peningkatan Pembelajaran Bermakna Melalui Pendekatan Konstruktivisme. Laporan Penelitian. Jurdik Biologi. FMIPA. UNY.

Sutopo, H. B..2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Untuk memesan/mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s