SKRIPSI PENDIDIKAN (PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI)


PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 1 PURBALINGGA

ABSTRAK

____________.  2007.  Pengaruh  Supervisi  Kepala  Sekolah  dan  Motivasi  Kerja terhadap  Kinerja  Guru  SMK  Negeri  1  Purbalingga.  Skripsi.  Jurusan  Manajemen. Fakultas Ekonomi.

Kata Kunci: Supervisi, Motivasi Kerja, Kinerja.

Hasil   temuan   awal   menunjukkan   adanya   kendala   atau   persoalan   yang berkaitan  dengan  pelaksanaan  supervisi  kepala  sekolah,  frekuensi  kunjungan  kelas oleh kepala sekolah masih tergolong rendah, disisi lain guru memandang perlunya supervisi         kepala        sekolah       dalam   rangka pembinaan                  sehingga                perlu      dikaji pengaruhnya  terhadap  kinerja  guru  dalam  menjalankan  tugasnya.  Permasalahan penelitian ini: adakah pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja  guru?  Tujuan  penelitian  ini  untuk  mengetahui  pengaruh  supervisi  kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru.

Populasi penelitian ini 60 guru di SMK Negeri 1 Purbalingga. Populasi ini sekaligus  sebagai  sampel.  Variabel  yang  diteliti  meliputi  supervisi  kepala  sekolah dan motivasi kerja sebagai variabel bebas sedangkan kinerja guru sebagai variabel terikatnya.  Data  diambil  dengan  kuesioner  dan  dianalisis  menggunakan  regresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan secara simultan supervisi kepala sekolah dan motivasi   kerja  berpengaruh  terhadap  kinerja,  ditunjukkan  dari  p  value  =  0,001  <

0,05.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  semakin  tinggi  supervisi  kepala  sekolah  dan motivasi  kerja  akan  diikuti  dengan  tingginya  kinerja  guru,  begitu  sebaliknya. Besarnya pengaruh supervisi dan motivasi kerja terhadap kinerja mencapai 20,7%.

Dari  hasil  penelitian  disimpulkan  bahwa  secara  simultan  supervisi  kepala sekolah  dan  motivasi  kerja  berpengaruh  terhadap  kinerja  guru  SMK  Negeri  1

Purbalingga Tahun 2007. Supervisi yang dilakukan kepala sekolah menurut persepsi sebagian  besar  guru  tergolong  cukup.  Oleh  karena  itu  disarankan  kepada  kepala sekolah  untuk  meningkatkan  kualitas  supervisi,  seperti  meningkatkan  kunjungan kelas dalam rangka supervisi klinis, observasi perbaikan, memotivasi semangat kerja guru,  meninjau  rencana  pembelajaran,  kesesuaian  antara  perangkat  pembelajaran dengan  pelaksanaan  pembelajaran,  observasi  metode  pembelajaran.  Diharapkan dengan   meningkatkan   frekuensi   kunjungan   kelas   akan   menumbuhkan   kinerja guru.Motivasi   kerja   guru   tergolong   baik   sehingga   perlu   dipertahankan   dan ditingkatkan   terutama   dalam  hal   kemandirian   dalam  bekerja,   mempertahankan pendapat  dan  memecahkan  masalah.  Diharapkan  dengan  meningkatnya  motivasi kerja guru akan tumbuh kinerja yang lebih baik.

DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhammad. 1988. Metode Penelitian Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Algifari. 1997. Analisis Regresi, Kasus dan Solusi. Yogyakarta :BPFE Anoraga, Pandji. 1998.Psikologi Kerja. Jakarta :Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta : Rajawali Press

As’ad,Moh. 1995. Psikologi Industri. Liberty:Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu SP. 1999. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara

Handoko,   Hani.   1995.   Manajemen   Personalia   dan   Sumber   Daya   Manusia. Yogyakarta:BPFE.

————————,  2000.  Manajemen  Sumber  Daya  Manusia.  Jakarta  :  Bumi Aksara

Hikmawati,  Afni.  2005.  Pengaruh  Kepemimpinan  Kepala  Sekolah,  Motivasi Kerja  dan  Disiplin  Kerja  Terhadap  Kinerja  Guru  pada  SMK  Negeri  di Wonosobo. Tesis tidak dipublikasikan. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Manulang.  2001.  Manajemen  Personalia.  Yogyakarta:  Gadjah  Mada  University Press

Mulyasa,   E.   2004.   Menjadi   Kepala   Sekolah   Profesional.   Bandung:   Remaja Rosdakarya

Pidarta,  Made.  1996.  Pemikiran  tentang  Supervisi  Pendidikan.  Jakarta  :  Bumi Aksara

Purwanto,  M.  Ngalim.  2004.  Administrasi  dan  Supervisi  Pendidikan.  Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahayu,  Sri  retno  Pudji.  2005.  Pengaruh  Persepsi  Gaya  Kepemimpinan  Kepala Sekolah   dan   Motivasi   terhadap   Kinerja   Guru   SMK   Negeri   Bisnis Manajemen   di   kota   Semarang.   Semarang:   Program   Pasca   Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Sahertian,  Piet  A.  dan  Ida  Aleida  Sahertian,  1992.  Supervisi  pendidikan  dalam rangka inservice Education. Jakarta : Rineka Cipta

Sedarmayanti, 2000. Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Siagian, Sondang P. 1995. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta

Singgih,   Santoso.   2000.   SPSS   Mengolah   Data   Statitik   Secara   Profesional. Jakarta : Media Komputindo.

Supriadi,  Dedi,  1998.  Mengangkat  Citra  dan  Martabat  Guru.  Yogyakarta :  Adi Citra Karya Nusa

Sugiyono, 2005. Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta,

Tilaar,  H.  AR.  1999.  Beberapa  Agenda  Reformasi  Pendidikan  Nasional  Dalam Perpektif Abad 21. Magelang : Tera Indonesia

Laporan    Balitbang    Depdiknas.    2002.   http://www.suaramerdeka.com/htm. (15 September 2002)

Untuk memesan / mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s