PTK PLB (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN STRATEGI PEMETAAN PANCA INDERA BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS D III SD LBN)


PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN STRATEGI PEMETAAN PANCA INDERA BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS D III SD LBN SAMBIROTO, PADAS, NGAWI

ABSTRAK

Menulis sangat penting bagi anak tunarungu, karena merupakan prasarat bagi upaya belajar berbagai mata pelajaran lainnya. Siswa tunarungu kelas III B SDLBN Sambiroto Kecamatan Padas dalam pembelajaran menulis diharapkan dapat menulis karangan dengan topik yang sederhana dengan ejaan siswa yang merniliki kosakata terbatas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Strategi Pernetaan Panca.lndera Bagi Siswa Tunarungu Kelas D III SDLBN Sambiroto, Padas, Ngawi.

Desain penelitian menggunakan “Penelitian Tindakan Kelas” dan yang menjadi subyek atau populasi penelitian adalah siswa tunarungu kelas III B di SDLBN Sambiroto, Padas, Ngawi yang berjurnlah 5 anak.

Metode penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan kelas dengan jenis deskriptif kualitatif. Dengan tenik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan catatan di lapangan.

Teknik analisa data adalah reduksi data penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan strategi pemetaan panca indera dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa tunarungu.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pernetaan panca indera merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa tunarungu D III SDLBN Sambiroto, Padas, Ngawi, dengan pemetaan panca indera siswa dapat memanfaatkan indera visual dan indera lainnya untuk mengungkapkan ide dan gagasannya.

Kata Kunci : Manulis Deskripsi, Pernetaan Panca Indera.

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta Rineka cipta.

Anggoro, Toha. 2007. Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Terbuka.

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung : Irarna Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Bunawan, Lani dan Cecilia Sy. 2000. Penguasaan Bahasa Anak 2’unarungu. Jakarta: Yayasan Santi Rarna.

De Porter, Bobbi dan Miki Hernareki. 2002. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh alwiyah Abdurrahman. Bandung : Kaifa.

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta : BNSP.

Depdiknas. 2006. Keterampilan Kompensatoris Bagi Anak Dengan Gangguan Penglihatan (Tunanetra) danF Gangguan Pendengaran (Tunarungu). Jakarta Direktor Pernbinaan Sekolah Luar Biasa.

Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nurhayati. 1992. Pengantar Orthopaedagogh, SGPLB. Surabaya.

Purbaningrum, Endang dan Yuliati. 2006. Pengaruh Pembelajaran Menulis Proses Terhadap Perfomansi Menulis Siswa Tunarungu. Surabaya.

Purwanto Ngalim. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosda Karya. Salim Mufti. 1984. OrtopedagogikAnak Tunarungu. Jakarta : Depdikbud.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor- Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s