PTK PLB (Peningkatan Ketrampilan Berbicara Dengan Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Siswa Tuna Rungu)


PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR KELAS VII SISWA TUNA RUNGU DI SLB-B YPPLB NGAWI TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

__________. 2009. Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Penggunaan Buku cerita Bergambar Kelas VII Siswa di SLB-B YPPLB Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Madiun. Pembimbing: (I) Drs.V.Teguh Suharto, M.Pd., (11) Elen Inderasari, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Kemampuan Berbicara , Media Buku Cerita Bergambar.

Ada berbagai masalah yang menyebabkan kemampuan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa tuna rungu rendah, salah satunya adalah daya berpikir abstrak yang sangat rendah. Media visual yang berupa gambar dan tulisan pada buku cerita bergambar merupakan media yang digunakan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara. Media buku cerita bergambar selain menarik perhatian juga dapat mempermudah penjelasan materi.

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara objektifi tentang kemampuan siswa tuna rungu kelas VII SLB-B YPPLB Ngawi tahun pelajaran 2008/2009 dalam berbicara. Secara khusus untuk mengetahui adanya peningkalan kemampuan berbicara dengan menggunakan media buku cerita bergambar.

Desaian penelitian menggunakan desaian Spiral penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan 2 siklus, I siklus terdiri dari dari 2 pertemuan, 1 kali pertemuan waktunya 2 x 40 menit.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SLB-B YPPLB Ngawi tahun pelajaran 2008/2009 berjumlah 5 anak, terdiri dari 2 laki-laki dan 3 perempuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Dalam menganalisis data digunakan metode deskripsi.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa aktivitas dan minat belajar berbicara siswa tunarungu kelas VII SLB-B YPPLB Ngawi tahun pelajaran 2008/2009 dengan menggunakan media buku cerita bergambar mengalami peningkatan 16.8% pada pertemuan 1 siklus I, 18,2% pada pertemuan 2 siklus 1. 20% pada pertemuan I siklus II, 24% pada pertemuan 2 siklus II. Selama dilaksanakan tindakan. Sedangkan hasii belajar siswa mengalami peningkatan 14% pada Qertemuan I sikaus 1, 20% pada pertemuan 2 siklus 1, 25% pada pertemuan 1 siklus II, 25% pada pertemuan 2 siklus II.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa tuna rungu kelas VII SLB-B YPPLB Ngawi tahun pelajaran 2008/2009 dapat ditingkatkan dengan menggunakan media buku cerita bergambar.

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Hadis., 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus-Autistik. Bandung: Alfiabeta..

Azhar Aisyad, 1997. Media Pembelajaran. Devisi Buku Perguruan tinggi. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.

Bud! Susetyo, 2008. Tuna rungu dan Permasafahir;mya (on line), (http;//massofa. wordprcss.corn., diakses 20 Maret 2009)

Caray Label, 2008. Pengertian Berbicara (on line), (httpl/makalah. dan skripsi. blokspot.com, diakses 13 Maret 2009).

Direktorat PLB, 2009. Informasi Pendidikan Anak Tuna Rungu (on line), (htt,p://w.w.w. Ditplb.or.id/propile, diakses 25 Maret 2009).

Endang Purbaningrum, 2001. Modul Bina Persepsi Bunyi dan Bina Bicara. Surabaya: UNESA.

Gogle, 2008. Membaca Tabel dan Graft (On line), (http:/./btkp.iciogja./netl pembelajaran/2008, diakses 24 aret 2009)

Kartika Laeia, 2008. Media Peinbelajaran, (on line), (www.copyright. 2008 inforskrip:>i.com., diakses 25 Maret 2009.

Karwono, 2008. Penelitian Tindakan Kelas (On line), (http://Karwono.Worpress. Com.,diakses 31 Maret 2009.

Mohammad Efendi, 2008. Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Anak Tuna Rungu (on line), (http.//journal.um.ac.idlindey.ohp/ilmu pendidik­an/article/yiewl822, diakses 20 maret 2009).

Oemar Hamalik, 1990. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Stekpi, 2007. Ilamu Pendidikan (on line), (http:www.stekpi.ac.id., diakses 15 Maret 20f)9).

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMPLB-B, 2006. Depdiknas Dirjen Mandikdasmen.

Suharsimi Arikunto, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Supriyadi, 1996. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Dikpendiknas.

Uswatun Kasanah, 2008.Peningkatan Kemampuan membaca Permulaan Siswa Tuna Rungu Kelas 1 Melalui Media Permainan Kartu Bergambar di SDLB Negeri Sumberejo Kandat. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Sarjana UNESA Surabaya.

Vero Sudiati, A. Widyamartaya, 2004. Terampil Meringkas. Penerbit Kanisius.

W.J.S. Poewadarminta. 1992. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s