PTK PLB (Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Kartu Bilangan Pada Anak Tunagrahita)


PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS D I  DI SDLBN SAMBIROTO, PADAS, NGAWI

ABSTRAK

Pelajaran Matematika sangat penting bagi anak tunagrahita meskipun terbatas pada bilangan tertetnu. Dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika diperlukan pelayanan khusus sesuai dengan kondisi anak tunagrahita. Oleh karena itu untuk membantu kelancaran belajar matematika sangat diperlukan penunjang media atau alat bantu untuk memberikan pengalaman yang berarti dan membentuk pemahaman anak. Berdasarkan hasil observasi di SDLBN Sambiroto untuk materi pokok mengenal lambang bilangan 1 sampai 20 hasil belajar untuk kelas DI/C kurang memuaskan termasuk siswa tunagrahita yaitu rata-rata kurang dari 6.Mencermati hasil observasi di lapangan dan teori meia pembelajaran khususnya mengenal lambang bilangan maka dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan perolehan belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan  :

  1. Untuk mendeskripsikan tingkat hasil perolehan belajar tentang pengenalan lambang bilangan melalui permainan kartu bilangan pada siswa tunagrahita.
  2. Untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan mengenal lambang bilangan melalui permainan kartu bilangan pada siswa tunagrahita.

Subyek penelitian ini adalah siswa DI/C SDLBN Sambiroto, Padas, Ngawi. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan untuk siklus 1, 1 kali pertemuan untuk siklus 2, dengan waktu 70menit setiap kali pertemaun. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan tes. Perangkat pembelajaran terdiri dari rencana persiapan pembelajaran dan LKS berorientasi permainan kartu bilangan. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah lembar observasi pengenalan lambang bilangan dan soal tes data yang diperoleh dianalisis secara diskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan baha hasil belajar siswa mengalami peningkatan 50% pada siklus 1  pertemuan 1, 605 pada siklus 1pertemuan 2, 70% pada siklus 1 pertemaun3, dan 80% pada siklus 2.

Kata kunci    :  Mengenal Lambang Bilangan, Permainan Kartu Bilangan Anak  Tunagrahita.

DAFTAR PUSTAKA

Amin, M. 1995. Orped Tunagrahita. Jakarta : Depdikbud

Soemantri, S. 1996. Psikologi Belajar Anak Luar Biasa. Jakarta : Depdikbud

Sukayati, 2004. Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta : PPPG Matematika

Sutejo. 2003. Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Utama

Tarjono, 2003. Pengenalam dam Pemahaman Terhadap Bilangan. Jakart : IMB

Wojowasito, 1999.Kamus Bahasa Indonesia. Malang : CV Pengarang.

Zahroh, Siti Fatimah. 2001. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Kartu Remi Untuk Anak Tunagrahita. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s