SKRIPSI MANAJEMEN PERBANKAN (Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Likuiditas dan Efisiensi Operasional terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan)


PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), LIKUIDITAS DAN EFISIENSI OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN

ABSTRAK

____________. 2006. Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Likuiditas dan Efisiensi Operasional terhadap Profitabilitas Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. 100 halaman, 17 tabel, 1 gambar, dan 6 lampiran.

Kata Kunci : CAR, Likuiditas (LDR), Profitabilitas (ROA)

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan, dengan meningkatkan profitabilitas, maka bank akan mampu menghadapi persaingan atau dapat berkompetisi. Besar profitabilitas dipengaruhi oleh permodalan bank, dalam hal ini kecukupan modal atau CAR. LDR merupakan ukuran likuiditas dan tingkat efisiensi operasional yang dicapai bank dengan indikator BOPO. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi tingkat CAR, LDR dan BOPO terhadap besarnya ROA baik secara simultan maupun secara parsial.

Populasi dalam penelitian ini adalah 26 bank yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan aspek yang diteliti yaitu rasio keuangan triwulan tahun 2004. Sampel dalam penelitian diambil dengan purposive sampling, dan dari 26 bank yang memenuhi kriteria sebagai sampel sebanyak 22 bank. Variabel penelitian ada empat yaitu CAR, LDR dan BOPO sebagai variabel bebas dan profitabilitas (ROA) sebagai variabel terikat. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan browsing. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu program SPSS.

Hasil penelitian secara simultan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara CAR, LDR dan BOPO terhadap ROA. Secara parsial antara besarnya CAR, LDR, dan BOPO akan berpengaruh secara masing-masing terhadap ROA. Dari persamaan regresi berganda dapat diketahui adanya pengaruh besarnya CAR dan LDR yang sifatnya positif dan besar BOPO yang sifatnya negatif. Besar sumbangan yang CAR, LDR dan BOPO terhadap ROA adalah sebesar 55,6% dan sisanya 44,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Saran yang dapat diberikan adalah: 1) bagi bank-bank yang terdaftar di BEJ hendaknya dapat meningkatkan nilai CAR misal dengan menambah setoran modal pemilik atau revaluasi aktiva tetap agar kepercayaan masyarakat meningkat sehingga laba yang dihasilkan tinggi, 2) berusaha menjaga nilai LDR pada level yang optimal dengan memperhatikan batas yang ditentukan dan memperhatikan cara penanaman kredit dengan prinsip prudential, 3) menekan biaya operasional dan meningkatkan pendapatan operasional dan 4) untuk penelitian selanjutnya sebaiknya mempertimbangkan ukuran perusahaan, kondisi ekonomi serta menambah jumlah rasio keuangan dan data laporan keuangan.

DAFTAR PUSTAKA

Algifari. 2000. Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE.

American Institute of Banking. 1995. Manajemen Bank. Terjemahan A. Hasyim Ali. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryati, Titik dan Hekinus Manao. 2002. “Rasio Keuangan sebagai Prediktor Bank Bermasalah di Indonesia”. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Volume 5. No. 2. Hal. 137-147.

Bank Indonesia, Hasil Riset Bank Indonesia (Satgas BLBI) dengan HLB Hadori & Rekan bekerja sama dengan Law Office Soehandjono & Associates Indonesia, International Development Management Advisory Group Canada, dan Grant Thoronto Indonesia. 2002. Studi Ekonomi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia.

Dendawijaya, Lukman. 2003. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Djumhana, Muhamad. 2000. Hukum Perbankan di Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Enderayanti, Retno. 2005. Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan Deposit Ratio (LDR) terhadap Profitabilitas pada Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Skripsi. Semarang: FIS UNNES.

Gandapradja, Permadi. 2004. Dasar dan Prinsip Pengawasan Bank. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: FE UNDIP.

Hadi, Rahadian. 2003. Analisis Pengaruh Likuiditas, Struktur Modal dan Efisiensi Operasional terhadap Profitabilitas Bank (Studi Kasus pada PT. Bank NISP, Tbk). Skripsi. Semarang : FE UNDIP.

Hamid, Imam Noor. 2005. Pengaruh Likuiditas, Struktur Modal dan Efisiensi Operasional terhadap Profitabilitas pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Skripsi. Semarang: FIS UNNES.

Hasibuan, Malayu S. P. 2001. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

ICMD. 2004. Indonesian Capital Market Directory. Jakarta: Institute for Economic and Financial Research.

InfoBank. “BI Mesti Lebih Pro-aktif Pasca Pembekuan Bank Global”. Januari 2005. Volume XXVI. No. 310. Hal. 38.

Kasmir. 2003. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Kuncoro, Mudrajad dan Suhardjono. 2002. Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta; BPFE UGM.

Latumerissa, Julius R. 1999. Mengenal Aspek-aspek Operasi Bank Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Lo, Eko Widodo. 2001. Rasio Keuangan untuk Mengukur Asosiasi Likuiditas, Struktur Modal, dan Kualitas Aktiva dengan Profitabilitas Bank: Analisis Korelasi Kanonikal”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Volume 3. No.1. Hal. 315-334.

Mabruroh. 2004. “Manfaat dan Pengaruh Rasio Keuangan dalam Analisis Kinerja Keuangan Perbankan”. BENEFIT. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Volume 8. No. 1. Hal. 37-51.

Munawir, Slamet. 2001. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Natabuana, 2004. Analisis Pengaruh Likuiditas, Kecukupan Modal dan Efisiensi Operasional terhadap Profitabilitas Bank (Studi Kasus pada PT. Bank Niaga, Tbk). Skripsi. Semarang: FE UNDIP.

Reed, Edward. W. and Edward. K. Gill. 1995. Bank Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Santoso, Rudy Tri. 2000. Prinsip Dasar Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: Andi Offset.

Santoso, Singgih. 2001. SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Siamat, Dahlan. 1993. Manajemen Bank Umum. Jakarta: Intermedia.

—– 1999. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: LPFEUI.

Simorangkir, O.P. 2000. Pengantar Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank. Jakarta: Aksara Persada.

—– 2004. Pengantar Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sinungan, Muchdarsyah. 1993. Manajemen Dana Bank. Jakarta: Bumi Aksara.

Sodikin, Achmad. 2002. Pengaruh Likuiditas terhadap Profitabilitas pada Bank-Bank di Bursa Efek Jakarta. Skripsi. Semarang: FIS UNNES.

Suhardi, Gunarto. 2003. Usaha Perbankan dalam Perspektif Hukum. Yogyakarta: Kanisius.

Susilo, Sri. Y., Triandaru. Sigit, dan A. Totok Budi Santoso. 2000. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.

Tim Editor BI. 1999. Sistem Akuntansi Perbankan di Indonesia. Jakarta: Institut Bankir Indonesia (IBI).

Werdaningtyas, Hesti. 2002. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Take Over Pramerger di Indonesia. Jurnal Manajemen Indonesia. Desember. Vol. 1. No. 2.

Widjanarto. 2003. Hukum dan Ketentuan Perbankan di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Wijaya, Krisna. 2000. Reformasi Perbankan Nasional, Catatan Kolom demi Kolom / oleh Krisna Wijaya; Penyelaras Bahasa St. Sularto. Jakarta: Kompas

Zainuddin dan Jogiyanto Hartono. 1999. “Manfaat Rasio Keuangan dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba: Suatu Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta”. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Volume 2. No.1. Hal. 66-90.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s