PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS) (Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan RPP Berkarakter)


PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN RPP BERKARAKTER DI GUGUS II RA KARTINI UPTD DIKPORA KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ABSTRAK   

Pelaksanaan    Supervisi    Akademik    untuk    Meningkatkan    Kompetensi    Guru    dalam    Mengembangkan    RPP    Berkarakter    di    Gugus    II    RA    Kartini    UPTD    Dikpora    Kecamatan    Banjarsari    Surakarta    Semester    I    Tahun    Pelajaran    2011/2012.    Penelitian    Tindakan    Sekolah.

Tujuan    dari    dilaksanakannya    penelitian    ini    adalah    untuk    mengetahui    hal-hal    sebagai    berikut:    (1)    Peningkatan    aktivitas    supervisi    akademik    di      gugus II RA Kartini UPTD Dikpora Kecamatan Banjarsari Surakarta    tahun    pelajaran    2010/2011;    (2)    Peningkatan    kemampuan    guru    dalam    mengembangkan    pendekatan    pembelajaran    yang    berpusat    pada    siswa    di      gugus II RA Kartini UPTD Dikpora Kecamatan Banjarsari Surakarta    tahun    pelajaran    2010/2011.

Lokasi    penelitian    adalah      gugus II RA Kartini UPTD Dikpora Kecamatan Banjarsari Surakarta    Kecamatan    Sidoharjo    Kabupaten    Wonogiri.    Penenilitian    ini    merupakan    penelitian    tindakan    sekolah,    yaitu    penelitian    yang    dilakukan    untuk    menemukan    proses    tpenyelenggaraan    pendidikan    yang    paling    seuai    dengan    kondisi    sekolah.    Penelitian    dilakukan    dengan    dua    siklus,    yaitu    siklus    I    dan    II.    Analisis    data    dilakukan    dengan    metode    kualitatif.    Subyek    penelitian    adalah    guru    dan    kepala    sekolah.

Berdasarkan    atas    hasil    penbelitian    tindakan    sekolah    yang    dilakuakn,    dapat    dibuat    kesimpulan    sebagai    berikut:    (1)    Pelaksanaan    supervisi    akademik    yang    berfokus    pada    masalah    peningkatan    keamampuan    guru    dalam    mengembangkan    pendekatan    pembelajaran,    khususnya    pendekatan    pembelajaran    yang    berpusat    pada    siswa,    mengalami    peningkatan;    (2)    Terjadi    peningkatan    kemampuan    guru    dalam    mengembangkan    pendekatan    pembelajaran,    khususnya    pada    pendekatan    yang    berpusat    pada    siswa.

DAFTAR    PUSTAKA

Soripada.    2007.    Konsep    Sekolah    Model    dan    Intrumen    Verifikasi    Sekolah    Model    SMA.    www.psb-psma.org    diakses    pada    25    Juli    2009.

Blumberg,    Hansen.    1974.    The    Human    Side    Of    Relationships    Between    Supervisors    And    Teachers    To    Understand    Their    Interactions.    Human    Resource    Journal    Vol    11.    January,    1974

Vincent    Gaspersz.    2000.    Manajemen    Produktivitas    Total.    Jakarta:    Gramedia    Pustaka    Utama

Kusnan.    2009.    Urgensi    Supervisi    Akademik    Bagi    Dosen    Di    Institusi    Pendidikan    Tinggi.    http://pendidikantinggi.hostei.com/produk/1-kusnan.pdf

Igneel.    2009.    Supervisi    Pendidikan.    http://dikot.blogspot.com/2009/11/supervisi-pendidikan.html.    Diakses    pada    25    Juli    2009

Sahertian,    Piet    A.    Konsep    Dasar    dan    Teknik    Supervisi    Pendidikan    :    Dalam    Rangka    Pengembangan    Sumber    Daya    Manusia.    Jakarta:    Penerbit    Rineka    Cipta,    2000.

Syaiful    Sagala.    2010.    Supervisi    Pembelajaran    dalam    Profesi    Pendidikan.    Bandung:    Alfabeta

Ngalim    Purwanto.    2009.    Administrasi    dan    Supervisi    Pendidikan.    Bandung:    Remaja    Rosdakarya

H.A.    Syamsudin    Makmun.    2005.    Psikologi    Kependidikan.    Bandung:    Remaja    Rosdakarya

Suharsimi    Arikunto.    1997.    Prosedur    Penelitian.    Jakarta:    Rineka    Cipta

Budiyono.    2007.    Motede    Statistik    untuk    Penelitian.    Surakarta:    Universitas    Sebelas    Maret

Sudjana.    2002.    Metoda    Statistika.    Bandung:    Tarsito

Herman    R.    Soetisna.    2007.    Pengukuran    Produktivitas.    Bandung:    Laboratorium    PSK&E    TI-ITB

Komarudin.    2004.    Manajemen    Pengawasan    Kualitas    Terpadu.    Jakarta:    Rajawali,

Gomes,    Faustino    Cardoso.    2002.    Manajemen    Sumberdaya    Manusia.    Yogyakarta:    Andi    offset.

Puslitjaknov,    2008.    MetodePenelitian    Pengembangan.    Jakarta:    Depdiknas

Sinungan,    Muchdarsyah.    2003.    Produktivitas,    Apa    dan    Bagaimana.    Jakarta:    Bumi    Aksara.

H.A.R    Tilaar.    1999.    ParadigmaBaru    Pendidikan    Nasional.    Jakarta:    Rineka    Cipta

Bogdan,    R..C.    &    Biklen,    S.K.    1982.    Qualitative    Research    for    Education.    Boston:Allyn    &    Bacon    Inc.

Danim,    Sudarwan.    2002.    Inovasi    Pendidikan.    Bandung:    Pustaka    Setia.

Danim,    Sudarwan.    2010.    Kepemimpinan    Pendidikan.    Bandung:    Alfabeta

Depdiknas.    2001.    Kurikulum    Sekolah    Dasar.    Jakarta:    Depdiknas.

Dediknas.    2003.    Undang-Undang    R    I    Nomor    20    Tentang    Sistem    Pendidikan    Nasional.    Bandung:    Citra    Umbara.

Supriadi,    D.    2000.    Reformasi    Pendidikan    Dalam    Konteks    Otonomi    Daerah.    Yogyakarta:    Adicita.

Depdiknas.    2004.    Pola    Pembinaan    Sistem    Pendidikan    Tenaga    Kependidikan    PGSD.    Jakarta:    Depdiknas.

Depdiknas.    2005.    Undang-Undang    RI    Nomor    14    Tentang    Guru    Dan    Dosen.    Jakarta:    Depdiknas.

Depdiknas.    2006.    Standar    Kompetensi    Guru    Kelas    SD/MI    Lulusan    S    1    PGSD.    Jakarta:    Depdiknas.

Depdiknas.2008.    StanPembangunan    Pendidkan    Nasional.    Jakarta:    Depdiknas.

Goetz,    J.P.    &    Comte,    LMD.    1984.    Ethnography    and    Qualitative    Design    And    Educational    Research.    New    York:    Academy    Press    Inc.

Hasan,    S.H.    2004.    Kurikulum    dan    Tujuan    Pendidikan.    Bandung:    Pasca    Sarjana    UPI.

Hatten,    K.J.    &    Rosenthal,    S.R.    2001.    Reaching    for    the    Knowledge    Edge.    New    York:    Amrican    Management    Association.

Manisera,    Marica.,    Dusseldrp,    E.,    and    Kooij,    A.J.    Van.    2005.    Component    Structure    of    Job    Satisfaction    Based    on    Herzberg’s    Theory.    Italy:    Leiden    University

Sukmadinata,    Nana    Saodih,2009.    Landasan    Psikologi    Proses    Pendidikan.    Bandung:    Remaja    Rosdakarya

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472 / PIN : 2771D5FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s