PTS ( Melakukan Tindakan Yang Tepat Untuk Menyelesaikan Permasalahan Pendidik Melalui Kuesioner)


MELALUI KUESIONER  KEPALA SEKOLAH DAPAT MELAKUKAN TINDAKAN YANG TEPAT  UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN  PENDIDIK DI SMA NEGERI 38 JAKARTA

ABSTRAK

______________. Melalui Kuesioner  Kepala Sekolah Dapat Melakukan Tindakan Yang Tepat  Untuk Menyelesaikan Permasalahan Pendidik   Di  SMA Negeri 38 Jakarta

Objek yang menjadi studi penelitian ini adalah bagaimana kepala sekolah dapat menggali permasalahan pendidik melalui kuesioner dan selanjutnya melakukan tindakan yang tepat untuk menyelesaikannya.

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di setiap sekolah selalu terdapat masalah yang perlu mendapat penyelesaian secara proporsional. Setiap masalah perlu segera dicarikan jalan keluarnya agar tidak berlarut-larut. Untuk itu perlu ada kegiatan atau upaya kepala sekolah mencari cara penyelesaian yang profesional dan menguntungkan semua pihak.

             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) masalah pendidik yang ada di sekolah 2) cara kepala sekolah dalam menyelesaikan masalah pendidik 3) membantu kepala sekolah untuk menemukan cara yang efektif  dalam penyelesaian masalah pendidik di sekolah sehingga tidak memberikan dampak negatip terhadap kegiatan pembelajaran.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 38 sebagai salah satu dari 13 sekolah yang menjadi paket kepengawasan peneliti. Prestasi sekolah ini 2 tahun terakhir cenderung menurun , ada dugaan terjadi miskomunikasi antara pendidik dengan pimpinan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kepengawasan yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus yang masing-masing berisikan perencanaan, penerapan, observasi/eveluasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan angket/kuesioner. Kuesioner siklus I menggunakan model kuesioner berskala katagori sedang siklus II  menggunakan kuesioner berstruktur. Pemilihan masalah kuesioner dikaitkan dengan 4 dimensi kompetensi kepala sekolah yaitu kepribadian, manajerial, kewirausahaan dan supervisi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian pada siklus pertama menunjukkan,  bahwa terdapat masalah yang harus diselesaikan dengan pemberian informasi, ada masalah yang akan diselesaikan dengan pembuatan program untuk tindak lanjutnya, ada kegiatan yang perlu dipertahankan tetapi ada pula masalah yang harus diperdalam melalui siklus kedua. Setelah siklus kedua, semua permasalahan telah mendapat jawaban untuk ditindak lanjuti kepala sekolah. Penelitian ini dianggap berhasil karena melalui penelitian ini kepala sekolah mendapat wawasan pengetahuan membuat kuesioner, kemampuan menggali masalah dan didapatnya sejumlah informasi  masalah pendidik yang sedang dihadapi.

Berdasarkan hasil penelitian dan maka disarankan agar kepala sekolah menggunakan kuesioner untuk menggali permasalahan yang ada disekolah baik masalah pendidik, tenaga kependidikan, kesiswaan dan orang tua siswa. Selain itu para pengawas memberikan perhatian yang lebih besar terhadap proses penyelesaian masalah-masalah di sekolah binaannya, dan  menerapkan cara-cara yang profesional untuk mencari dan menemukan serta menyelesaikan permasalahan di sekolah.

Kata Kunci   : Kompetensi kepala sekolah, Masalah pendidik, dan Kuesioner.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi; Prosedur Penelitian, 1985, Penerbit PT Bina Aksara,    Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Koster, Wayan. 1999. Keefektifan Sekolah, Survai di SLTP Negeri DKI Jakarta,           Disertasi, Sinopsis. Jakarta: Fakultas Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Kunandar; Penelitian Tindakan Kelas, 2008, Rajawali Pers,PT Rajagrafindo Persada,  Jakarta.

Laporan Penelitian Tindakan Sekolah, 2008, Departemen Pendidikan Nasional.

Manajemen Sekolah, 2005, Pusdiklat Pegawai Depdiknas.

Mulyasa E: Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Cetakan Ketiga 2004, Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nuraeni, Ani. 1999, Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Dosen Akademi Keperawatan  Depkes di DKI Jakarta, Tesis, Jakarta: Program Pasca Sarjana, Program Studi Ilmu Kesehatan Masayarakat Universitas Indonesia

Panduan Manajemen Sekolah, 1999, Departemen Pendidikandan Kebudayaan

Penelitian Tindakan, 1999, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah, 2008, Departemen Pendidikan Nasional.

Pickering, Peg: How To Manage Conflict, Edisi ketiga 2001, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sudjana, Nana dan Ibrahim; 1989, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Penerbit Sinar Baru, Bandung.

Sukawati, Anak Agung Nyoman. 2001. Produktivitas Kerja Karyawan, Survei di Kantor Wilayah Departemen Pendidikan Nasional Propinsi Bali, Disertasi, Sinopsis. Jakarta: Fakultas Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Sumidjo, Wahjo; Kepemimpinan Kepala Sekolah, Cetakan Keempat 2003, Manajemen PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Tampubolon, Manahan P. 2002. Loyalitas Karyawan Dalam Mendukung Kelangsungan Organisasi, Survei di STIE Trisakti. Sinopsis Disertasi. Jakarta: Program Pasca Sarjana   Universitas Negeri Jakarta.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s