TESIS MAGISTER KEUANGAN SYARIAH (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Etnis China-Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syari’ah Dan Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran)


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ETNIS CHINA NON-MUSLIM MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH (STUDI KASUS : PT BANK SYARI’AH MEGA INDONESIA)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi etnis China non muslim menjadi nasabah Bank Syari’ah Mega Indonesia. Pertama, melihat apa sebenarnya yang menjadi faktor dominan tersebut. Untuk menjawab permasalahan ini digunakan tehnik analisis faktor (factor analysis). Kedua, bagaimana implikasinya terhadap pemasaran Bank Syari’ah Mega Indonesia. Dalam menjawab permasalahan ini dengan memberikan gambaran secara deskriptif dari analisis hasil pengolahan data.

Penelitian ini menghasilkan jawaban-jawaban atas kedua permasalahan diatas. Faktor dominan yang mempengaruhi keputusan etnis China non muslim untuk menggunakan jasa Bank Syari’ah Mega Indonesia yaitu; faktor promosi, yang terdiri dari enam atribut, yaitu promosi melalui iklan dimedia massa (tv dan koran), promosi di mall-mall, promosi lebih dikemas lebih kreatif dan menarik, sosialisasi, promosi melalui figur seorang tokoh, promosi awal atas suatu produk Bank Syari’ah dengan bahasa komunikasi tanpa menggunakan simbol islam. Faktor dominan tersebut ternyata tidak sesuai dengan dugaan awal penelitian yang beratribut pada faktor syari’ah.

Kata kunci : faktor, keputusan, nasabah, Bank Syari’ah Mega Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA

  Antonio, Muhammad, Syafi’I, 2002, Bank Syari’ah dan Teori ke Prakteknya, Jakarta, Gema Insani Press, Tazkia Institute

Amin, Ahmad Riawan, Prospek dan Tantangan Bank Syari’ah di Masa Depan, Makalah Seminar, 12 Agustus 2003

Chapra, Umer, 2001, The Future of Economics, an Islamic Perspective (terjemahan, Jakarta, SEBI

David Faulkner and Gery Johnson, 1992, Strategi Manajemen, Elek Media Komputindo, Jakarta

David, Fred, R, 2004, Manajemen Strategis, Edisi ke-9, Prentice Hall

Hafiduddin, Didin, 2003, Manajemen Syari’ah dalam Praktik, Jakarta, Gema Insani Press

James F, Engel, et al, Consumer Behaviour, Sixth Edition, Dryden Press, Orlando, 1993

Kertajaya, Hermawan dan Syakir Sula, 2006, Syari’ah Marketing, Bandung, Mizan

__________________, 2002, Markplus on Strategy, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama

Karim, Adiwarman, 2006,  Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada

Kortler, Philip, 1999, Manajemen Pemasaran, an Asian Perspective, Yogyakarta, Penerbit ANDI

____________, 2002, Marketing Manajemen I, (edisi bahasa Indonesia), New Jersey: Prentice Hall

Nugroho, Bhuono, Agung, 2005, Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS,, Yogyakarta, Andi Press

Noor, Zainul Bahar, 2006, Bank Muamalat Sebuah Mimpi, Harapan dan Kenyataan, Fenomena Kebangkitan Islam, Jakarta, Bening Publishing

Santoso, Singgih, dan Fandy Tjiptono, Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001

Santoso, Singgih, 2002, Buku Pelatihan SPSS Statistik Non Parametrik, Jakarta, Elex Media Komputindo

Sekaran, Uma, 2000, Research Methods for Bussines, New York, John Willey and Sons

Smith, PR, Marketing Communication-An Integrated Approach, Clay Ltd, London, 1998

Singarimbun, Masri, dan Sofyan Efendi, Metode Penelitian Survey, LP3ES, Jakarta, 1989

Sumarni, Murti, 2002, Manajemen Pemasaran Bank, Yogyakarta, Liberti

Tjandradireja, Hana, 2002, Budaya dan Strategy Berkarakteristik dalam Mencapai Keunggulan Pemasaran, Jakarta, FEUI

Tjiptono, Fandy, 2000,Manajemen Jasa, Andi Penerbit

Jurnal, Makalah Seminar, Surat Kabar

Baraba, Achmad, Mengintip Peluang Bank Syariah Kelola Kredit UKM di BPPN, Republika,10 Mei 2002

Kushartanto, Ismi,  Perkembangan Industri Perbankan Syari’ah, Makalah Seminar 16 Mei 2006

Kartajaya, Hermawan, Marketing on East Meet East, Integrating Ancient Chinese Wisdom and Islamic Bussines Principle, Makalah seminar MarkPlus Forum Special Ramadhan, Jakarta 11 Oktober 2005

Mutasowifin, Ali, Menggagas Strategi Bank Syari’ah di Pasar Non muslim, Jurnal Universitas Paramadina, vol 3 No 1, September 2003

Samsuddin, Mengapa Nasabah MemilihMenggunakan Jasa Bank Syari’ah (Studi Kasus BSM Cabang Thamrin),

Sakti, Ali, Makalah,  Implikasi Bunga Bank dalam Perekonomian, jum’at 11 july 2003

Yunus, Amat, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menggunakan Jasa Bank Syari’ah, (Studi Kasus: Masyarakat Bekasi), Jurnal Eksis vol 1 no 2 April- Juni 2005

Laporan BI, Potensi Preferensi dan Prilaku Masyarakat, terhadap Bank Syari’ah di wilayah Kalimantan Selatan

Chinese Community di Bank Syari’ah, edisi 25, februari 2005

http://www.budaya-tionghoa.org

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s