TESIS MANAJEMEN PENDIDIKAN (PENGELOLAAN LESSON STUDY DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI)


PENGELOLAAN LESSON STUDY DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SIMO KABUPATEN BOYOLALI

ABSTRAK

____________, Pengelolaan Lesson Study di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Simo Kabupaten Boyolali. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2008.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya kebijakan otonomi pendidikan dan tuntutan dari perkembangan dunia global dibidang pendidikan, sedangkan pemberdayaan yang dilakukan pemerintah dibidang metode pembelajaran masih sangat kurang. Sementara itu, konsep pelaksanaan Lesson Study dirasa cukup menarik dan inovatif untuk mengembangkan provesi guru yang berdampak pada meningkatnya kualitas siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Lesson Study di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Simo kabupaten Boyolali dan untuk mengetahui pengelolaan Lesson Study di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Simo kabupaten Boyolali.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan strategi siklus. Diskripsi kualitatif dilakukan dengan menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Prosedur siklus dilakukan dengan mengulang dua kali siklus kegiatan yang ditempuh dengan perencanaan, pelaksanan, observasi, Debriefing, dan refleksi.

Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanan Lesson Study di SMP Negeri 2 Simo dilakukan dengan :a) memasukkan unsur-unsur perencanaan, pelaksanaan, debriefing, dan refleksi, untuk bidang studi Bahasa Inggris, pokok bahasan Struktur kalimat Bahasa Inggris, b) Mekanisme dilakukan mengaktifkan  berfikir aktif siswa sejak tahap entering behaviour, menggunakan pendekatan Concept Learning dalam transformasi pengetahuan, menggunakan study group untuk meningkatkan kemampuan analitis siswa, melakukan kolaborasi pembelajaran antar bidang yaitu dengan bidang Biologi. Kolaborasi juga dilakukan pada teknis pelaksanaan Lesson Study yaitu kolaborasi dengan guru-guru lain pada bidang yang konsisten untuk membantu guru presentator, baik dalam aspek membimbing pembelajaran siswa maupun memotivasi siswa, c) Strategi pelaksanaan Lesson Study yang dikembangkan adalah dengan strategi Siklus, yaitu menggunakan dua siklus. Sementara itu, pengelolaan Lesson Study di SMP Negeri 2 Simo diketahui:a) belum dapat dilaksanakan secara keberlanjutan (sustainability), pengorganisasian  SDM pengelola (organizationing) masih kurang, belum ada  pemotivasian secara kontinu (motivationing), dan pengelolaan teknis pelaksanaan yang masih terbatas, dan b) penyebab kendala pengelolaan Lesson Study mencakup belum kuatnya sumberdaya keuangan (financial), belum kuatnya kemampuan SDM edukatif dalam mengembangkan Lesson Study, serta waktu yang memungkinkan untuk pelaksanaan yang lebih baik. Disamping itu, jumlah SDM di sekolah juga kurang mendukung pelaksanaan pembelajaran kolaboratif yang dilaksanakan. Sementara itu, faktor eksternal sangat berpengaruh adalah ketidaksiapan sekolah-sekolah lain dalam melakukan kolaborasi bersama, kurangnya motivasi dan dukungan dari segenap instansi pendidikan diatasnya, serta belum masuknya lembaga-lembaga yang mampu berperan sebagai motivator.

Kata Kunci: pengelolaan, , lesson study, perencanaan, pelaksanaan,observasi, debriefing, refleksi

DAFTAR PUSTAKA

Barnadib, Sutari Imam. 1984. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: IKIP

E. Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda

Joan Richardson. 2001. A Japanese Teacher’s Reflection on Lesson Study. www.tc.edu/lessonstudy/lessonstudy.html. Diakses pada 22 September 2007 jam 11.30 oleh Wiratmoko (mahasiswa Pascasarjana UMS).

Laura Varlas. 2003. Teaching Science: Fewer Topics May Lead to Deeper Learning. Association for Supervision and Curriculum Development. www.ascd.org. Diakses pada 22 September 2007 jam 13.00 oleh Wiratmoko (mahasiswa Pascasarjana UMS).

Lewis, C. 2002. Research lessons bring studies to life and energize teaching. Journal of Staff Development, Summer 2002 (Vol. 23, No. 3). www.nsdc.org. Diakses pada 22 September 2007 jam 13.00 oleh Wiratmoko (mahasiswa Pascasarjana UMS).

Lewis, C. (1995). Educating hearts and minds: Reflections on Japanese preschool and elementary education. New York: Cambridge University Press.

Lewis, C.(in press). Lesson study: A handbook of teacher-led instructional improvement. Philadelphia: Research for Better Schools.

Lewis, C. & Tsuchida, I. (1997). Planned educational change in Japan: The shift to student-centered elementary science. Journal of Educational Policy, (12)5, 313-331.

Maknum, H.A. Syamsudin. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Makoto Yoshidha.2002. What is Lesson Study. www.tc.edu/lessonstudy/lessonstudy.html. Diakses pada 22 September 2007 jam 11.30 oleh Wiratmoko (mahasiswa Pascasarjana UMS).

Makoto Yoshidha.(1999). Lesson study: A case study of a Japanese approach to improving instruction through school-based teacher development. Unpublished doctoral dissertation, University of Chicago.

Purwanto, M. Ngalim. 1998. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda

Sa’ud, U. Syaefudin dan Maknum, H.A. Syamsudun. 2005. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Risdakarya

Sonal Chokshi for, Impact of Lesson Study.  Education commissioned report. www.tc.columbia.edu. Diakses pada 22 September 2007 jam 13.00 oleh Wiratmoko (mahasiswa Pascasarjana UMS).

Sonal Chokshi and Clea Fernandez.2004.  Challenges to Importing Japanese Lesson Study: Concerns, Misconceptions, and Nuances. http://www.pdkintl.org

Tilaar, 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta

Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang SISDIKNAS. Surabaya: Apolo

UU No 20 Tahun  2003. Surabaya, Apollo

Walpole E, Ronald. 1982. Introduction to Statistic. San Francisco: W.H. Freeman & Co.

W.B. John, 1977. Research in Education. India: Prentice Hall.

http://www.sistems.org, 2006. Perkembangan Pelaksanaan Program Lesson Study. Diakses pada 22 September 2007 jam 13.00 oleh Wiratmoko (mahasiswa Pascasarjana UMS).

www.bursa.com. , 2007. Lesson Study ditargetkan jangkau 2,7 juta guru. Diakses pada 22 September 2007 jam 13.00 oleh Wiratmoko (mahasiswa Pascasarjana UMS).

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s