TESIS MAGISTER PENDIDIKAN (Metode Quantum Teaching Dengan Study Group Untuk Peningkatan Prestasi Belajar)


METODE QUANTUM TEACHING DENGAN STUDY GROUP UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA  KELAS VII SMP NEGERI 1 MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO
(Penelitian Tindakan Kelas)

ABSTRAK

_____________ . 2008. Metode Quantum Teaching Dengan Study Group Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Geografi Siswa  Kelas VII SMP Negeri 1 Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Tesis: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta..

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui teknis pelaksanaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik study group pada bidang studi Geografi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mojolaban Kabupaten Sukoharjo, (2) mengetahui signifikansi peningkatan prestasi belajar siswa pada bidang studi Geografi setelah pelaksanaan model belajar Quantum Teaching dengan teknik study group pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mojolaban Kabupaten Sukoharjo.

Data yang digunakan adalah data primer, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan (observasi). Jumlah sampel adalah 100 siswa,  dan teknik sampling dilakukan secara purposive. Prosedur penelitian dilakukan dengan prosedur siklus, yaitu dengan menggunakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas rangkaian kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur peningkatan prestasi siswa adalah dengan metode kuantitatif yang mendasarkan pada data-data nilai siswa sesudah dilaksanakannya pendekatan Quantum Teaching dan sebelum dilaksanakannya Quantum Teaching, yaitu dalam pendekatan Ekspocitory. Analisis data dilakukan dengan uji t.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Pelaksanaan Quantum Teaching dilakukan dengan dengan teknik study group adalah dengan: (a) menerapkan asas TANDUR (tumbuhkan minat, alamiah, namai setelah pengalaman, demostrasikan, ulangi, dan rayakan), (b) Menciptakan landasan yang kukuh, (c) mengorkestrasi lingkungan yang mendukung yang berkaitan dengan tata ruang dan hal-hal fisik dalam kelas, (d) mengorkestrasi rancangan, (e) mengorkestrasi isi, (f) Mengkombinasikan dengan Study Group Discussion melalui pembentukan kelompok, pemberian nama kelompok dengan nama geografi, dan fasilitasi Study Group Discussion, (2)Melalui uji t, terlihat bahwa t hitung (15,338) lebih besar dari t tabel (1,983), yang menunjukkan adanya peningkatan prestasi yang signifikan dibandingkan dengan saat dilakukan pendekatan ekspository.

Kata Kunci: Quantum Teaching, Study Group Discussion, mengorkestrasi konteks, mengorkestrasi isi

DAFTAR PUSTAKA

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: KAIFA.

—————. 2000. Quantum Business: Membiasakan Bisnis secara Etis dan Sehat. Bandung: KAIFA.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon, dan Sarah Singer-Nourie. 2001. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: KAIFA.

Dryden, Gordon dan Jeanette Vos. 1999. The Learning Revolution: To Change the Way the World Learns. Selandia Baru: The Learning Web.

Giddens, Anthony. 2001. Runway World. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Edward. 1982. Introduction to Geography. New York: McGraw Hill.Inc.

E. Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda.

Laura, Jessica..(2003). Study group Guidelines. http://www.asld.org

Maknum, H.A. Syamsudin. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meier, Dave. 2000. The Accelerated Learning Handbook. New York: McGraw-Hill.

Mudhofir. 1987. Teknologi Instruksional. Bandung: Remadja Karya.

Purwanto, M. Ngalim. 1998. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Psychemate. 2007. Quantum Teaching. www.psychemate.blogspot.com  (diakses 26 Desember 2007).

Tilaar. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional.  Jakarta: Rineka Cipta.

Silberman, Melvin L. 1996. Active Learning: 101 Step to Teach Any Subject. Massachusetts: A Simon and Schuster Company.

Skinner (1958), Teaching and Learning Theory. NewYork: McGraw Hill. Inc.

SMP Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. 2008. Perangkat Program Pembelajaran Tahun 2007/2008.

Sumarni, Siti. 2007. Reorientasi Paradigma Pembelajaran. www.pikiran-rakyat.com (diakses pada 26 Desember 2007).

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s