SKRIPSI PENDIDIKAN (PENGARUH TINGKAT KEDWIBAHASAAN JAWA-INDONESIA TERHADAP KUALITAS KEBAKUAN KARANGAN SISWA KELAS VI )


PENGARUH TINGKAT KEDWIBAHASAAN JAWA-INDONESIA TERHADAP KUALITAS KEBAKUAN KARANGAN SISWA  KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI JIWAN 02 KECAMATAN JIWAN KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

_______________. 2009. Pengaruh Tingkat Kedwibahasaan Jawa-Indonesia terhadap Kualitas Kebakuan Karangan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Jiwan 02, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs.Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd. (II) Elen Inderasari, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Tingkat kedwibahasaan Jawa-Indonesia,.kualitas kebakuan karangan

Kemampuan seseorang dalam menggunakan dua bahasa atau lebih secara bergantian dengan frekuensi yang berbeda-beda, dapat mempengaruhi kemampuan dalam menulis karangan dengan menggunakan bahasa baku atau bahasa Indonesia yang baik dan benar. Faktor-faktor yang mempengaruhi di antaranya kemampuan berbicara atau pelafalan bunyi bahasa, penguasaan kosakata bahwa, dan penggunaan ejaan yang sesuai dengan kaidah bahasa yang digunakan.

Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh tingkat kedwibahasaan Jawa-Indonesia terhadap kualitas kebakuan karangan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Jiwan 02, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009 yang terdiri atas enam kelas, maka peneliti menggunakan sampel kelas VI yang berjumlah 40 siswa.

Pengumpulan data diperoleh melalui pemberian tugas mengisi dan menjawab angket tentang kedwibahasaan kemudian siswa disuruh mengarang. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis inferensial, serta statistik menggunakan rumus t-tes dan tabel nilai kritis t.

Berdasarkan penghitungan t-tes, diperoleh koefisien t-hitung sebesar 2,976, setelah dikonsultasikan dengan t-tabel dalam taraf signifikansi 5% ternyata t-hitung menunjukkan koefisien t lebih besar dibandingkan dengan t-tabel (2,976 > 2,042) dan t-hitung jatuh pada daerah penolakan Ho. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan pada tingkat kedwibahasaan terhadap kemampuan menulis karangan baku siswa.

Peneliti menegaskan berdasarkan analisis dan penafsiran hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh tingkat kedwibahasaan jawa – Indonesia terhadap kualitas kebakuan karangan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Jiwan 02, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009” dinyatakan diterima.

Hasil penelitian mi diharapkan agar dapat memberi sumbangan bagi guru bahasa Indonesia agar lebih aktif memberi motivasi pada siswa untuk giat berlatih menulis karangan dengan menggunakan bahasa yang baik, sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Siswa hendaknya lebih gemar dan punya minat menulis karangan yang tinggi untuk menyongsong era teknologi modem dengan menggunakan kaidah­kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar serta meningkatkan prestasi belajar di setiap mata pelajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Furhan Nugiyantoro, 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BPFE.

Farida Rahim, 2006. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gorys Keraf. 1993. Komposisi. Jakarta: PT Nusa Indah

___________. 2000. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia

Hasan Alwi dkk., 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Henry Guntur Tarigan. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT Angkasa

 ___________. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: PT Angkasa

Kurikulum, 2004. Standar Kompetensi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Dharma Bhakti.

Mardalis. 1989. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Sudjana. 2001. Penelitian dan Penilaian. Jakarta: Sinar Baru Algensindo

Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD,/MI, 2006. Silabus, Rencana Pelaksanaan Peinbelajaran, Jaringan Tematis, Rumusan Indikator. Jakarta : BP. Dharma Bhakti.

Pusat Pembinaan Pengembangan Bahasa. 2002 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.

Subyantoro dkk. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Suharsimi Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka cipta.

Sutrisno Hadi. 1987. Metodologi Research Jilid I. Yogjakarta: Fakultas Psikologi UGM

Undang-Undang Republik Indonesia No.2, 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Armas Duta Jaya

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s