SKRIPSI PENDIDIKAN (PENGARUH PENGUASAAN KALIMAT BAKU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS VI )


PENGARUH PENGUASAAN KALIMAT BAKU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS VI SDN PALUR 02 KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

____________ , 2009. Pengaruh Penguasaan Kalimat Baku Terhadap Kemampuan Berpidato Siswa Kelas VI SDN Palur 02, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Tahun Pelajaran 2008/2009 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd., (II) Elen Inderasari, S.Pd, M.Pd.

Kata kunci  : Penguasaan Kalimat Baku, Kemampuan Berpidato

Berbicara adalah kemarnpuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan.

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh para guru untuk mengetahui pengaruh penguasaan kalimat baku terhadap kemampuan berpidato siswa kelas VI SDN Palur 02, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Tahun Pelajaran 2008/2009.

Kemampuan penguasaan kalimat baku terhadap kemampuan berpidato siswa kelas VI SDN Palur 02, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Tahun Pelajaran 2008/2009, cukup baik dari hasil yang dicapai sebagai berikut : Dari hasil akhir pengolahan data diperoleh bahwa kemampuan penguasaan kalimat baku siswa kelas VI SDN Palur 02, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Tahun Pelajaran 2008/2009 nilai t hitung = 12,5 dan kemampuan berpidato siswa kelas VI SDN Palur 02, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Tahun Pelajaran 2008/2009,t hitung 8,3 dan t tabel = 8,3 atau t hitung >t table.

Dengan kata lain, ada perbedaan antara kemampuan pengilasaan kalimat baku terhadap kemampuan berpidato siswa kelas VI SDN Palur 02, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Tahun Pelajaran 2008/2009. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan kalimat baku terhadap kemampuan berpidato siswa kelas VI SDN Palur 02, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Tahun Pelajaran 2008/2009.

DAFTAR PUSTAKA

Burhan Nurgiyanioro. 1987. Evalnasi dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta : BPFE.

__________. 1992. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : BPFE.

Gorys Keraf. 1992. Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia. Jakarta:PT. Grasindo.

Muhammad Syafi’i. 1999. Peningkatan Keterampilan Berbahasa. Surabaya : Depdikbud

Hadi Ahmadi. 1999. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.

Herman J. Waluyo. 1992. Dasar-Dasar Penelitian. Solo : UNS Pres.

Henry Guntur Tarigan. 1980. Membaca Ekspresif. Bandung:Penerbit Angkasa.

________. 1992. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Penerbit Angkasa.

Http/ bahasaIndonesia.wordpress.com/2008/08/23/media-belaiar/, diakses tanggal 20/05/2009

Http/www/k-4-bahasaIndonesia.com/2008/belajar-mengaiar-membaca-ke-5), diakses tangga128/OS/2009

Htpp/massofa.wordpress.com/2008/08/23/bahasaIndonesia.com/2008/belajar­mengajar-membaca-ke-5/, diakses tanggal 20/05/2009

Http/www.ittelkom.ac.id/kata.text, diakses tangga106/ 05/2009.

Jos Danil Parera.1987. Menulis Tertib Dan Sistematik. Jakarta : Erlangga.

Laminuddin Finoza. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Diksi Intan Niulia.

Moch Nasir. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moeljono. 2000. Kosakata Bahasa Indonesi. Malang : FPBS IKIP Malang, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ptsat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kcbudayaan. Pengajaran Bahasa Indonesia Di SMTP Kotamadya Pekan Baru. (Tinjauan Pelaksanaan Aspek Pengajaran Membaca dan Menulis).

Sabarki Akhadiah. 1991. Pembinaan Kenwnrperan Memdis Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga

Sutrisaa Hadi. M.A. Metodelogi Refleksi Jilid I, Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gadjah ~iada. Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto, 1992. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bima Aksara

Shidar. 1990. Belajar dan Faklor fakior yang mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Sri Hastuti. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

The Liang Gie. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta : Andi Offset.

Totong Tirtawijaya. 1997, Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Ikip Surabaya.

 ______________ . 2003, Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi Edisi ke Tiga. Ikip Surabaya.

Utami Munandar. 2002. Kreatifitas Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s