SKRIPSI PENDIDIKAN (Hubungan Antara Intensitas Menonton Sinetron Dengan Kedisiplinan Ibu Rumah Tangga)


HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENONTON SINETRON DENGAN KEDISIPLINAN IBU RUMAH TANGGA DI DUSUN NGASEM, KELURAHAN NGASEM, KECAMATAN NGASEM, KABUPATEN BOJONEGORO, JAWA TIMUR

ABSTRAK

____________ , HUBUNGAN ANTAR INTENSITAS MENONTON SINETRON DENGAN KEDISIPLINAN IBU RUMAH TANGGA DI DUSUN NGASEM, KELURAHAN NGASEM, KECAMATAN NGASEM, KABUPATEN BOJONEGORO, JAWA TIMUR.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara : intensitas menonton sinetron dengan kedisiplinan ibu rumah tangga.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi adalah seluruh ibu rumah tangga yang ada di dusun Ngasem, Keluruhan Ngasem, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sejumlah 573 ibu rumah tangga. Sampel diambil dengan teknik proporsional rando, sampling sejumlah 236 ibu rumah tangga. Teknik pengumpulan data kedua variabel digunakan kuesioner/skala sikap, dengan dibantu teknik dokumentasi guna mengetahui mengenai data ibu rumah tangga berupa kartu keluarga dan jadwal penayangan sinetron untuk variabel intensitas menonton sinetron. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi tata jenjang Spearman dengan nilai kembar.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : ada hubungan yang signifikan antara intensitas menonton sinetron dan kedisiplinan ibu rumah tangga di dusun ngasem, kelurahan ngasem, kecamatan ngasem, kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (HO>Ha = -18,173746 > -1,98, pada taraf signifikan sebesar 5%).

DAFTAR PUSTAKA

Alexs Nitisemito. 1988. Manajemen Personalia, Jakarta : Glialia Indonesia.

Alo Liliweri. 1991. Memahami Peran Komunikasi Massa Dalam Masyarakat. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Andre Rianto. 1982. Pameran Audio Visual Dalam Pendidikan. Yogyakarta Yayasan Kanisius.

Bahan Penaluran dan Refrensi Penalaran. 1993. Jakarta: Percetakan UIP.

Carl Witheringon, H. 1982. Psikologi Pendidikan. Bandung : C. Jeminers.

Depdikbud. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ganep. 2001. Pengaruh Intensitas Komunikasi Anak Dengan Orang TuaTerhadap Kenakalan Anak Di Sekoluh Siswa Kelas II SLTP Negeri 3 Sawit Boyolali. Surakarta: FKIP UNS.

Gualiford, J.P.1954. Phycolometric Method. New Delhi : Tata Mc. Graw Hill Publishing CD. LTD

Ibrahim Amini. 1999. Bimbingan Islam unluk Kehidupan Sehari-Hari.bandung:Al-Bayan

Jalaludin Rakhmat, 1989. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remadja Karya.

Lawrence A. Pervin. 1984. Personality : Theory and Research. Canada : John Wiley Sons, Inc.

Kartini Kartono. 1986. Psikologi wanita : Wanita Sebagai Ibu dan Nenek. Bandung – Alumni.

Nasir, M. 1988. Metode Penelitia. Jakarta: Ghalla Indonesia.

Onong Ucbjana E. 1984. Televisi Siaran Teori dan Praktek Bandung: Alumni.

Slamet, Y. 1993. Analisis Kuantitatif untuk Data Social Solo : Dabara Publisher.

Soemarno, D. 1998. Pedoman Pelaksanaan Displin nasional dan Tata Tertib Sekolah. Jakarta ; CV. Mini Jaya Abadi

Sri Jutmini. 1997. “Penelitian PMP”. Surakarta: UNS Press.

Sumadi Suryabrata.1984. Psikologi Penelitian. Jakarta – PT. Raja Grafindo Persada.

Sutrisno Hadi, 1982. Metodologi Research III. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM.

The Liang Gie, 1987. Stralegi Hidup Sukses. Yogyakarta : Lembanga Bina Prestasi dan Sukses.

Utami  Munandar, S.C.1985. Emansipasi dan Peran Ganda Wanita. Jakarta : Ghalla Indonesia.

Wawan Kuswandi. 1996. Komunikusi Massa : Sebuah Analisis Media Televisi, Jakarta : PT. Rincka Cipta.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s