SKRIPSI PENDIDIKAN (Hubungan Konsep Diri Guru Dan Pemberian Motivasi Kepala Sekolah Dengan Kompentensi Pedagogik Guru)


HUBUNGAN KONSEP DIRI GURU DAN PEMBERIAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU (Studi Kasus Di SMA MTA Surakarta Tahun Ajaran 2010)

ABSTRAK

________________,  HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN PEMBERIAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (Studi Kasus Di SMA MTA Surakarta Tahun Ajaran 2010) Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2010.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) ada tidaknya hubungan antara konsep diri guru terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA MTA Surakarta tahun ajaran 2010. 2) ada tidaknya hubungan antara pemberian motivasi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA MTA Surakarta tahun ajaran 2010. 3) ada tidaknya hubungan antara konsep diri dan pemberian motivasi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA MTA Surakarta tahun ajaran 2010.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi adalah seluruh guru SMA MTA Surakarta dengan jumlah 60 orang. Sampel penelitian diambil sejumlah 35 orang guru SMA MTA Surakarta dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket untuk mengetahui kosep diri guru, pemberian motivasi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru. Teknik uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas menggunakan uji chi kuadrat, uji linearitas dan uji independensi. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan uji regresi linear ganda.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan (1) Ada hubungan yang signifikan antara konsep diri guru terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA MTA Surakarta tahun 2010. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh harga rX1Y adalah positif yaitu 0,504 dengan tingkat signifikansi < 0,05 yaitu 0,002 . (2) Ada hubungan yang signifikan antara pemberian motivasi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA MTA Surakarta tahun 2010. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh harga rX2Y adalah positif yaitu 0,423 dengan tingkat signifikansi < 0,05 yaitu 0,011 . (3) Ada hubungan yang signifikan antara konsep diri guru dan pemberian motivasi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA MTA Surakarta tahun 2010. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa Fhitung sebesar 8,692 (positif) dan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05. Sedangkan besarnya sumbangan relatif dan efektif berdasarkan hasil pengujian hipotesis adalah (1) Sumbangan Efektif konsep diri sebesar 21,5% (2) Sumbangan Relatif Konsep Diri sebesar 61,2% dan (3) Sumbangan Efektif Motivasi Kepala Sekolah sebesar 13,6% (4) Sumbangan Relatif Motivasi Kepala Sekolah sebesar 38,8%.

DAFTAR PUSTAKA

Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Amir Tengku Ramly.2006 .Pumping Teacher. Jakarta : Kawan Pustaka.

Anonim. 2002. Buku Pedoman Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS.

Budiyono. 1998. Metodologi Penelitian Pengajaran Matematika. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS.

Cholid Narbuko dan Abu Ahmadi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Djaali.2007. Psikologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. 2007. Profesi Kependidikan Problem, Solusi dan reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Jalaludin Rakhmat.2001. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Jamal Ma’mur A.2009. 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta : Power Books (Ihdina).

Malayu SP. Hasibuan. 2003. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mohamad Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muhibbin Syah. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 1999. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Piet A. Sahertian. 1994. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.

Robert A. Baron. 2003. Psikiologi Sosial. Jakarta : Erlangga.

Samana, A. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta : Kanisius

Sardiman AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

Sevilla, Consuelo G et al. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : RT Raja Grafindo Persada.

Sondang P. Siagian. 1989. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Bina Aksara.

Sudarwan Danim. 2000. Metode Penelitian untuk Ilmu-ilmu Perilaku. Jakarta : Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi. 1990. Statistik Jilid I. Yogyakarta : Andi Offset.

___________. 1997. Metodologi Research jilid I. Yogyakarta : Andi Offset.

___________. 2001. Metodologi Research jilid I. Yogyakarta : Andi Offset.

Tim Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun. 2005 tentang Guru dan Dosen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uzer Usman. Moh. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Winarno Surakhmad. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar., Metode dan Teknik. Bandung : Tarsito

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s