SKRIPSI PENDIDIKAN (HUBUNGAN FREKUENSI MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI PADA SISWA KELAS V )


HUBUNGAN FREKUENSI MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI PADA SISWA KELAS V SDN JIWAN 01 KECAMATAN JIWAN KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

______________, 2009. “Hubungan Frekuensi Membaca dengan Kemampuan Apresiasi Puisi Siswa Kolas V Sekolah Dasar Negeri Jiwan 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Aladiun Tahun Pelajaran 2008/2009” Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun.

Kata Kunci : Frekuensi Membaca, Kemampuan Apresiasi Puisi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan frekuensi membaca dengan apresiasi puisi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Jiwan 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009. Sesuai dengan kondisi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Jiwan 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun terdiri dari 30 siswa.

Pengumpulan data diperoleh melalui pemberian tugas membaca dengan apresiasi puisi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Jiwan 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009 dan menjawab pertanyaan. Analisis data digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Metode yang digunakan korelasitas.

Berdasarkan penilaian data, frekuensi membaca n sebanyak 30, nilai minimum sebesar 60, nilai maksimum sebesar 100, mean (Mn) sebesar 8,53, median (Me) sebesar 7,86, modus (Mo) sebesar 7,83 simpangan baku (SD) sebesar 1,7787, bentuk poligon positif condong ke kanan (0,3935). Adapun kemampuan apresiasi sastra n sebanyak 30, nilai minimum sebesar 60, nilai maksimum sebesar 100, mean (Mn) sebesar 7,66, median (Me) sebesar 7,75, modus (Mo) sebesar 7,70, simpangan baku (SD) sebesar 1,38, bentuk poligon positif condong ke kanan (0,0298).

Peneliti menegaskan berdasarkan analisis dan penafsiran hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan apresiasi puisi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Jiwan 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan kategori baik.

Hasil penelitian ini tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, di mans kemampuan mental yang dipelajari sebagian besar berpusat pada pemahaman bahan pengetahuan, dan ingatan tetapi konsep-konsep yang telah dipahami sebelumnya diolah melalui proses yang diberikan pada siswa tentang sikap dan keterampilan yang menimbulkan siswa aktif, dinamis dan merupakan keunikan anak. Di samping itu penekanan penilaian sebuah produk atau hasil siswa sebagai sesuatu yang asli dari sebuah proses. Oleh karena itu, dalam pembelajaran sastra Indonesia khususnya menulis narasi, diarahkan pada siswa untuk menemukan sendiri.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadun Yosi Herfanda. 2007. Pengajaran Sastra Berpusat pada Karya Sastra (Online), (http: //www.republika.co.id., diakses 10 Januari 2008).

Aminudin. 1995. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang: CV Sinar Baru.

Burhan Nurgiyantoro. 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta : BPFE.

Farida rahim. 2006. Pengajaran Membaca  di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Herman J. Walujo. 1987. Teori dan Apresisi Puisi. Jakarta: Erlangga. Imam

Syafi’i. 1990. Profesi Bahasa Indonesia, IKIP Malang.

Kurikulum. 2004. Standar Kompetensi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtida’iyah, Jakarta: Dharma Bhakti.

Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD,/MI. 2006. Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Jaringan Tematis, Rumusan Indikator. Jakarta: BP. Dharma Bhakti.

Pusat Pembinaan Pengembangan Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai pustaka.

Subyantoro dkk. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia, Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah

Suharsimi Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka cipta.

Sutrisno Hadi. 1987. Metodologi Research Jilid I, Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM.

Tim Penyusun. 2008. Pedoman Penulisan Skripsi. Madiun: IICIP PGRI Madiun.

Undang-Undang Republik Indonesia No.2. 2003. Tentang Sistem pendidikan Nasional. Jakarta: PT Armas Duta Jaya

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s