SKRIPSI EKONOMI MANAJEMEN (PENGARUH PENERAPAN KINERJA BAURAN PEMASARANTERHADAP PEMBENTUKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA BUTIK BUSANA MUSLIM)


PENGARUH PENERAPAN KINERJA BAURAN PEMASARANTERHADAP PEMBENTUKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA BUTIK BUSANA MUSLIM SHAFIRA JALAN SULANJANA 28 BANDUNG

ABSTRAK

____________. 2006. Pengaruh Penerapan Kinerja Bauran Pemasaran Terhadap Pembentukan Loyalitas Pelanggan Pada Butik Busana Muslim Shafira Jalan Sulanjana 28 Bandung.

Pelaksanaan kinerja bauran pemasaran di butik busana Muslim adalah setiap tindakan pelaksanaan penjualan yang diberikan pihak manajemen butik kepada pelanggannya yang memerlukan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan proses pengenalan, transaksi, dan kepuasan hasil yang dibutuhkan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Beberapa hal bentuk kinerja bauran pemasaran yang diterapkan oleh PT Shafira Laras Persada jalan Sulanjana 28 Bandung, sebagai realisasi misi Shafira, adalah dengan menerapkan sistem segmentasi pasar bagi kalangan tertentu dalam penentuan produk, harga, tempat, serta kebijakan promosi. Kinerja bauran pemasaran yang diterapkan pihak manajemen butik dapat didefinisikan sebagai jenis-jenis kinerja yang diberlakukan untuk memberikan pelayanan pada para pelanggannya agar dapat menciptakan tingkat loyalitas yang tinggi.

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat tanggapan pelanggan Shafira terhadap kinerja bauran pemasaran yang telah diterapkan oleh Shafira, guna memperoleh informasi mengenai perolehan tingkat loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey yang bersifat deskriptif verifikatif, yang bertujuan memberikan umpan balik terhadap pelaksanaan kinerja bauran pemasaran yang dilakukan pihak manajemen Shafira dengan menggunakan tanggapan para pelanggannya sehingga dapat memberikan gambaran terhadap fakta yang ada. Variabel kinerja bauran pemasaran yang diteliti adalah produk, tempat, harga, dan promosi. Data dari 72 kuesioner yang disebarkan kepada para pelanggan Shafira menjadi sumber data primer.

Berdasarkan analisis tingkat loyalitas pelanggan terhadap pelaksanaan kinerja bauran pemasaran Shafira yang sebenarnya, dapat disimpulkan bahwa penerapan kinerja bauran pemasaran di PT. Shafira Laras Persada 28 Bandung sudah diterapkan dengan baik. Hal ini terlihat pada tanggapan positif responden untuk setiap indikator dari sub variabel kinerja bauran pemasaran. Tingkat loyalitas pelanggan pun tergolong tinggi yang ditunjukkan oleh kriteria jawaban responden pada tingkat keyakinan yang tinggi terhadap indikator loyalitas. Dengan tingkat keyakinan 95 % dihasilkan nilai uji analisis statistik yang menunjukkan bahwa penerapan kinerja bauran pemasaran produk busana Muslim Shafira mempengaruhi proses pembentukan loyalitas pelanggannya sebesar 94,5% dan sisanya sebesar 5,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Ghopar Ismail. 2005. Pelaksanaan Promosi dalam Upaya Memelihara Loyalitas Pelanggan Pada PT. Indosat tbk. Cabang Bandung. Bandung: PAAP-FE UNPAD. Hlm 23.

Brenner, Suzanne. 1996. Reconstructing Self and Society: Javanese Muslim Women and ‘The Veil’ American Ethnologist Magazine. Volume 23. Hlm.673-697

Champion, Dean J. Basic Statistic for Social Research 2nd edition. New York: Mc Milan Publishing Co. Inc. 1981. Hal 382.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit J-ART. Hlm 427.

Dipo Nugroho. 2004. Pengaruh Penerapan Bauran Pemasaran Jasa (Service Marketing mix) terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus di Pusat Kebugaran Raga SOSI Jalan Aceh No. 66 Bandung). Bandung: FE UNPAD. Hlm 20.

Djaslim Saladin dan Yevis Marty Oesman. 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran: Ringkasan Praktis Teori dan Tanya Jawab, Cetakan Ketiga. Bandung: Linda Karya. Hlm 45.

Iqbal Hasan. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian & Aplikasinya. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 1999. Principles of Marketing, 8th edition. Alih bahasa oleh Damos Sihombing.  2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid 2, Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama. Hlm 17.

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management, 11th edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc. Hlm 4.

Masri Singarimbun dan Sofian Efendi. 1995. Metode Penelitian Survey, Cetakan Kedua. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia. Hlm 27.

Moh. Nazir. 1999. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Hlm 63

Nirwana Sitepu. 1994. Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: UPS Statistika, FMIPA UNPAD. Hlm 38.

Powell, Sian. 2003. No helmet, but scarf compulsory” The Weekend Australian Magazine. April. Hlm.45

Sugiyono. 2005. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta. Hlm 106.

Sugiyono, dan Wibowo. 2004. Statistika Penelitian. Alfabetha. Bandung.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Perilaku Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Hlm 19.

Yazid. 2003. Pemasaran Jasa: Konsep dan implementasi. Yogyakarta: Ekonisia. Hlm 18.

http://www.indonetwork.co.id/comp/Ap5c/0.html. Hlm 2.

http://www.marketingteacher.com/Lessons/lesson_marketing_mix.htm. Hlm 12.

http://www.hamline.edu/apakabar/basisdata/1998/01/11/0046.html
Jenkins, David 1998 ‘Islam’s New Bastion’ (11 Juni 2004)

http://www.qantara.de/webcom/show_article.php/_c-549/_nr-5/_p-1/i.html
Marcoes-Natsir, Lies 2004 “Symbol of Defiance or Symbol of Loyalty?” (18 September 2004)

http://www.faculty.uccb.ns.ca/philosophy/203/fourth%20reading.htm
Geertz, Clifford “Traditional Islamic dress” (18 September 2004)

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s