SKRIPSI EKONOMI MANAJEMEN (ENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KARTU PRA BAYAR IM3)


PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KARTU PRA BAYAR IM3
( Study Kasus pada Mahasiswa STAIN Surakarta )

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Manusia mempunyai banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, baik kebutuhan yang bersifat biogenetik seperti rasa lapar dan haus maupun kebutuhan yang bersifat psikogenetik, yaitu kebutuhan akan pengakuan, penghargaan dan rasa kepemilikan. Kebutuhan adalah keadaan merasa tidak memliki kepuasan dasar dan bersifat naluriah sedangkan keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut, sehingga keinginan merupakan kebutuhan buatan yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh lingkungan hidupnya. Keinginan terhadap suatu produk yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya akan menciptakan permintaan.

Strategi pemasaran untuk menciptakan permintaan melalui Loyalitas konsumen dipengaruhi oleh barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen, harga barang atau jasa,  upaya mendistribusikan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen dan kegiatan memperkenalkan kepada konsumen (promosi ). Jelasnya bahwa kegiatan memasarkan suatu produk dipengaruhi oleh interaksi dari keempat hal tersebut diatas, dalam buku teks bahasa inggris hal tersebut dinyatakan dengan istilah marketing mix, marketing mix merupakan campuran (mix) yakni interaksi dari empat hal tersebut, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place). Masing-masing variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat, diterima baik oleh konsumen yang pada ujungnya pelanggan akan menjadi loyal (Sutisna, 2003: 41)

Loyalitas adalah suatu komitmen yang mendalam untuk membeli kembali atau berlangganan suatu produk atau jasa secara konsisten dimasa yang akan datang. Sehingga dapat menyebabkan pengulangan pembelian merek yang sama walaupun ada pengaruh situasi dan berbagai usaha pemasaran yang berpotensi untuk menyebabkan tindakan perpindahan merek, perusahaan untuk mendapatkan loyalitas atau kesetiaan konsumen perlu strategi pemasaran yang tepat dan komplek. Konsumen akan menjadi loyal pada merek-merek yang berkualitas dan menawarkannya dengan harga yang wajar selain itu para penjual juga beranggapan bahwa konsumen akan menjadi loyal pada suatu produk jika produk tersebut mudah didapatkan saat dibutuhkan, dan yang tidak kalah penting loyalitas terbentuk melalui promosi yang ditawarkan perusahaan dengan mengkomunikasikan kebaikan-kebaikan produknya (Sutisna, 2003: 40)

Penelitian ini sengaja dilakukan dengan mengambil sampel pada mahasiswa STAIN Surakarta, karena mahasiswa merupakan orang yang selalu tanggap dengan teknologi serta orang yang relatif banyak membawa ponsel. Sekarang ponsel tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi sekarang digunakan sebagai gaya. Untuk itu fitur yang lengkap pada suatu kartu pasti akan mendapat respon baik dari konsumen dalam penelitian ini adalah mahasiswa STAIN Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menjelaskan dan mengetahui bahwa strategi marketing mix yang dilakukan oleh PT Indosat Tbk benar-benar dapat menjadikan konsumen itu loyal dalam memakai produk kartu IM3 serta mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen.

Berdasarkan paparan tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Pra Bayar IM3”( Studi Kasus Pada Mahasiswa Stain Surakarta )

B.   Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang masalah yang dikemukakan di atas maka pokok permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah :

  1. Apakah terdapat pengaruh signifikan antara produk terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3.
  2. Apakah terdapat pengaruh signifikan antara harga terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3.
  3. Apakah terdapat pengaruh signifikan antara distribusi terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3
  4. Apakah terdapat pengaruh signifikan antara promosi terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3.

DAFTAR PUSTAKA

Arvianti Diah. Analisis Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Produk Rokok Djarum Super ( survey di kecamatan pasar kliwon Surakarta ) Fakultas Ekonomi Sebelas Maret. Surakarta. 2004.

Darmadi Durianto, Sugiarto, Tony Sitinjak, 2001, Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Prilaku merek. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Djarwanto dan Pangestu Subagyo. 1998. Statistik Induktif Edisi IV. Yogyakarta: BPFE

Hadi Sutrisno. Bimbingan Menulis Skripsi Tesis. Yayasan penerbitan Fakultas Psykhologi UGM. Yogyakarta. 1978

Irawan dan Wijaya Faried. Pemasaran Prinsip dan Kasus. BPFE. Yogyakarta.2001.

Mowen John C dan Minor Michael. Perilaku Konsumen. Erlangga. Jakarta. 2002

Muhammad. Visi Al Qur’an Tentang Etika dan Bisnis. Salemba Diniyah. Jakarta. 1997.

Qardhawi Yususf. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Gema Insani Press. Jakarta.1997

Rahman Afzalur. Doktrin Ekonomi Islam. PT Dana Bhakti Prima Yasa. Yogyakarta.2002.

Swasta Basu dan Irawan, Manajemen Pemasaran Moderen. Liberty. Yogjakarta. 1990.

Swasta Basu DH dan Handoko Hani. Manajemen Pemasaran. BPFE. Yogyakarta. 2002

Santoso singgih. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Gramedia Pustaka Utama. 2002.

Setiaji Bambang. Panduan Riset Dengan Pendekatan Kuantitatif. Program Paska Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta Press. Surakarta. 2004

Sutisna. 2001.Perilaku Konsumen&Komunikasi Pemasaran.PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Widiyanto Djoko. Analisis Data Statistik Dengan SPSS. Laboratorium Komputer FISIP UMS.2003

Wilson Michael T. Manajemen Pemasaran. PT Gramedia. Jakarta 1992.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s