SKRIPSI EKONOMI MANAJEMEN (Penerapan Nilai-Nilai Islam Pada Bank Berbasis Syariah Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah)


PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM PADA BANK BERBASIS SYARIAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH
(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri ITB)

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Penelitian

Pendirian bank syariah di tanah air secara nyata dimulai sejak dikeluarkannya Paket Kebijakan Oktober 1988 yang mengatur tentang deregulasi dalam bidang perbankan di Indonesia. Sejak saat itu, para ulama yang tergabung dalam Majelis Ulama Indonesia (MUI) mulai berusaha untuk mendirikan bank dengan  konsep bebas bunga, akan tetapi masih terhambat dengan tiadanya hukum positif untuk mewujudkan hal tersebut. Hambatan tersebut dapat diatasi dengan menafsirkan peraturan di bidang perbankan bahwa bank dapat saja menerapkan tingkat bunga 0%.

Pada tahun 1992 dikeluarkan UU No. 7 Tahun 1992 tentang perbankan. Pada saat itu belum disebutkan sebagai bank syariah, saat itu masih disebut dengan bahasa bank yang beroperasi dengan konsep bagi hasil. Dengan dikeluarkannya UU tersebut, maka berdirilah bank syariah pertama di tanah air yaitu Bank Muamalat Indonesia (BMI). Setelah berdirinya Bank Muamalat Indonesia (BMI), maka banyak pula berdiri Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) dan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) di pelosok tanah air.

UU No. 7 Tahun 1992 tidak memperbolehkan dual banking system yaitu bank yang beroperasi dengan dua sistem. Bank yang beroperasi dengan sistem bunga tidak diperbolehkan beroperasi dengan sistem bagi hasil dan sebaliknya bank yang beroperasi dengan sistem bagi hasil tidak diperbolehkan beroperasi dengan sistem bunga.

Pada tahun 1998 dikeluarkan UU No. 10 Tahun 1998 yang membuka kemungkinan berlakunya dual banking system di tanah air. Sejak dikeluarkannya UU tersebut, muncullah bank-bank yang menggunakan sistem bunga membuka Unit Usaha Syariah (UUS).

Menurut data Karim Business Consulting (Kusnan M.Djawahir ,2005:95) sudah ada 19 bank umum yang memiliki Unit Usaha Syariah (UUS) dan 3 bank yang beroperasi penuh secara syariah (Bank Umum Syariah). Ketiga Bank Umum tersebut adalah Bank Muamalat Indonesia (BMI), Bank Syariah Mandiri (BSM) dan Bank Syariah Mega Indonesia (BSMI)  yang merupakan konversi dari Bank Tugu.

Dari segi volume bisnis, keuangan syariah belum sebanding dengan keuangan konvensional (dengan sistem bunga). Adiwarman Karim juga menyebutkan bahwa pangsa pasar perbankan syariah masih sangat kecil yaitu hanya 1,2% dari pangsa pasar seluruhnya. Data Bank Indonesia menunjukkan, tahun 2004 total aset perbankan syariah baru Rp 15,31 triliun. Sedangkan total aset bank konvensional sudah mencapai Rp 1.215,69 triliun. Pada tahun 2004 Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun perbankan syariah hanya Rp 11,67 triliun dan bank konvensional (dengan sistem bunga) mencapai Rp 965,08 triliun.

Penulis menganggap perlu diadakan penelitian untuk memperoleh informasi yang jelas disertai bukti ilmiah mengenai bagaimana pengaruh penerapan nilai-nilai Islam pada bank berbasis syariah terhadap loyalitas nasabah. Karena itu, penulis akan melakukan penelitian dengan menjadikan mahasiswa FTI ITB sebagai studied population. Penulis membatasi hanya mahasiswa FTI ITB yang masih tercatat di kampus.

Dengan memperhatikan latar belakang di atas, sebagai mahasiswa muslim yang kuliah di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen dengan mengambil Konsentrasi Pemasaran, penulis merasa tertarik untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai Islam pada bank berbasis syariah dan pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah.

B.  Rumusan Masalah

            Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti mengambil rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana penerapan nilai-nilai Islam pada bank berbasis syariah.
  2. Bagaimana komposisi loyalitas nasabah pada bank berbasis syariah.
  3. Sejauh mana pengaruh penerapan nilai-nilai Islam pada bank berbasis syariah terhadap loyalitas nasabah.

DAFTAR PUSTAKA

Adiwarman Karim. Bank Islam Aanalisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2004. Hal 87 – 192.

Al-Qur’an. Al-Qur’an & Terjemahnya Al-’Aliy. Bandung: CV. Diponegoro. 2002. Hal 82.

Champion, Dean J. Basic Statistic for Social Research 2nd edition. New York: Mc Milan Publishing Co. Inc. 1981. Hal 382.

Griffin, Jill. Customer Loyalty. Alih Bahasa Dr. Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga. 2005. Hal 4, 11, 31 & 35.

Hogart-Scott, Sandra. Retailer-Supplier Partnership: Hostages to Fortune or The Way Forward for The Millenium?. British Food Journal. Vol. 101 No. 9. 1999. Page 676.

Husein Umar. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2003. Hal 179, 190, 194 & 316.

Husein Umar. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Grafindo Persada Indonesia. 2003. Hal 47 – 48.

Iqbal Hasan. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian & Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia. 2002. Hal 6 & 61.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Jilid II. Alih Bahasa Hendra Teguh, Ronny Antonius Rusli. Jakarta: Prentice Hall. 2002. Hal 486, 488 – 492.

Kusnan M. Djawahir. Gairah Pasar Keuangan Syariah Tengah Menggelora. SWA No. 07/XXI/31 Maret – 13 April 2005 Hal 95 – 96.

Muhammad. Sistem & Prosedur Operasional Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press. 2000. Hal 2 – 3

Murti Sumarni. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Penerbit Liberty Yogyakarta. 2002. Hal 257.

Institut Manajemen Bina Mulia. Modul Diklat Bank Syariah. Bandung: IMBM. 2005. Hal 5.

Rini. Masa Depan Perbankan Syariah. Jurnal Equilibrium. Perbankan Syariah Sebuah Solusi. Jakarta: STIE Ahmad Dahlan. 2004. Hal 62.

Sa’id Hawwa. Al-Islam. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat. 2002. Hal 147.

Siegel, Sidney. Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial Cetakan Ketujuh. Jakarta: Penerrbit PT Gramedia Pustaka Utama. 1997. Hal 255.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta. 2005. Hal 21.

Verhoef, Peter C., Philip Hans Franses, and Janny C. Hoekstra. The Effect of Relational Constructs on Customer Refferals and Number of Services Purchased from A Multiservice Provider: Does Age of  Relationship Matter?. Journal of The Academy of Marketing Science. Vol. 30, No. 3. 2002. Page 204.

http://www.muamalatbank.com/berita/bankislam.asp.

http://www.fti.itb.ac.id/about_fti/statistik_dm.php

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s