PTK SMP FISIKA (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA-FISIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI SEMESTER 1 MELALUI OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES)


PENELITIAN TINDAKAN KELAS MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA-FISIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI SEMESTER 1 TAHUN P ELAJARAN 2009/2010 MELALUI OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES

ABSTRAK

______________.Meningkatkan Prestasi Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali Semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010 Melalui Optimalisasi Keterampilan Proses.  Penelitian Tindakan Kelas, Boyolali, Oktober 2009.

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah pengambilan keputusan, dengan dilakukannya penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan bahwa meningkatkan hasil ulangan harian IPA-Fisika pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 1 tahun pelajaran 2008/2009 dapat dilakukan melalui optimalisasi keterampilan proses.

Penelitian ini rnenggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus. Populasi penelitian ini yang sekaligus sebagai subjek penelitian diambil dari semua siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 1 tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 38 orang. Pelaksanaan setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengumpulan data, dan pengolahan data. Untuk mengumpulkan data partisipasi siswa dalam optimalisasi keterampilan proses digunakan teknik observasi dan data prestasi belajar IPA-Fisika digunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data penelitian digunakan ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA-Fisika.

         Sesuai dengan analisis data penelitian prestasi belajar IPA-Fisika diperoleh hasil sebagai berikut: setelah siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA-Fisika sebesar 7,89% ; setelah siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA-Fisika sebesar 13,16% ; dan setelah siklus III terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA-Fisika sebesar 15,79%. Oleh karena itu, selama pelaksanaan ketiga siklus penelitian ini telah terjadi menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPA-Fisika atau ketuntasan belajar klasikal IPA-Fisika. Penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat digunakan untuk meningkatkan hasil ulangan harian IPA-Fisika pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Boyolali semester 1 tahun pelajaran 2009/2010 dapat dilakukan melalui optimalisasi keterampilan proses” diterima.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Djauzak. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdikbud.

_________. 1994. Pedoman Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

_________. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Fajar, A. Malik 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 : Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Hadi,  Sutrisno.   1982  Metodologi  Research  2.   Yogyakarta:  Fakultas   Psikologi Universitas Gajah Mada.

Hasan, Fusd. 1993. Petunjuk Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdikbud.

Malo, Manasse. 1985. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Karunika.

Moeliono, Anton, M. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Priyono, Andreas. 2000. Pedoman Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom-Based Action Research). Semarang: Proyek P2M SLTP Jateng.

Purwanto,   M.  Ngalim.   1997.   Interaksi  Belajar  Mengajar.   Bandung:   Remaja Rosdakarya.

Sudibyo, Bambang. 2004. Petunjuk Penilaian Berbasis Kompetensi di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana. \989.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 1993. Prosedur Penelitian Ilmiah. Jakarta: Rajawali.

Suharno. 1990. Kurikulum dan Pengajaran. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta Press.

Suparmin. 2003. Undang-undang Dasar Negera Republik Indonesia Tahun 1945 dan Penjelasannya. Surakarta: Pabelan.

Suryabrata, Sumadi. 1990. Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Syukur. 2001. Metode Penelitian Pendidikan. Semarang: Media Wiyata.

Tirtonegoro, Sutratinah.  1989. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Biro Aksara.

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Qramedia Widiasarana Indonesia

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s