PTK SMP BIOLOGI (Pokok Bahassan Ekosistem Dengan Pendekatan CTL)


PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWIT TAHUN AJARAN 2006/2007

ABSTRAK

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar diantaranya dengan pendekatan CTL. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan pendekatan CTL siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sampel yang diambil adalah kelas VII F yaitu dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengancara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6.03 dan ratarata siklus I meningkat menjadi 6.99, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7.57 dan siklus III meningkat menjadi 8.42. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32 %.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0.32 point atau 32 %.

Kata kunci : Pendekatan CTL, hasil belajar biologi siswa

DAFTAR PUSTAKA

A.Suhaenah Suparno. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Dewa Komang Tantra. 2005. Konsep Dasar dan Karakteristik PTK. Denpasar: Dirjen Dikti Depdiknas.

Endah Tri Priyatni. 2001. Penerapan Konsep dan Prinsip Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Johnson, Elaine B. 2006. Contextual Teaching and Learning. Bandung : Mizan Learning Center (MLC)

Martinis Yamin. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Melvin K. Silberman. 2004. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktiv. Bandung: Nusamedia.

Moh. Uzer Usman dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyana Abdurrahman. 1999. Pendekatan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sudjana. 1998. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Nurhadi dan Agus Gerrat Senduk. 2003. Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: IKIP Malang.

Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Raka Joni. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PCP PGSM Dikjen Dikti.

Rochiati Wiriaatmadja. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Bina Aksara.

Suharsimi Arikunto. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

________________. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

Sumadi Suryabrata. 1994. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: Bina Aksara.

Surya Subrata. 1997. Proses Belajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutama. 2000. Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Matematika melalui Pembenahan Gaya Mengajar Guru di SLTP N 18 Surakarta. Yogyakarta:Program Pasca Sarjana UNY .

Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Umaedi. 2002. Pendekatan Kontekstual. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Wina Sanjaya. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Zainal Arifin. 1998. Evaluasi Instruksional Prinsip dan Prosedur. Bandung : CV Karya.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s