SKRIPSI SOSPOL ILMU KOMUNIKASI (Program Acara “Tarzan Cilik” Dan Psikologi Anak)


PROGRAM ACARA  “TARZAN CILIK”  DAN PSIKOLOGI ANAK
( Studi Hubungan Antara intensitas menonton  sinetron “ Tarzan Cilik ” di RCTI dan Perilaku Imitasi Anak, SD Negeri Pajang 3  Surakarta Kelas 4 s/d 6 Tahun 2009 )

ABSTRAK

Program Acara “ Buku Harian Baim” Dan Psikologi Anak (Studi Pengaruh Antara Intensitas Menonton Sinetron “Buku Haraian Baim” Di SCTV dengan Perilaku Imitasi Anak Kelas 4 S/D 6 Sekolah Dasar Negeri Pajang 03 Surakarta Tahun 2010). Skripsi S1. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kata Kunci: Intensitas, Tayangan Sinetron Baim, Perilaku Imitasi

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan yang ditimbulkan oleh intensitas menonton sinetron Buku Harian Baim  terhadap perilaku imitasi anak kelas 4 s/d 6 di Sekolah Dasar Negeri Pajang 03 Surakarta Tahun 2010.

Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 03 Pajang Surakarta, dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 79 siswa kelas 4-6. Teknik sampling dilakukan dengan populatif sampling yaitu mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian. Data utama yang digunakan adalah data primer yang diambil dengan kuisioner, dan data pendukung yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dengan cara dokumentasi, yang berupa dokumen catatan guru tentang perilaku siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana untuk menemukan persamaan matematis dari pengaruh intensitas menonton tayangan sinetron Baim terhadap perilaku imitasi anak, dengan dilengkapi dengan uji-t dan uji determinansi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari intensitas menonton tayangan sinetron Baim, dalam signifikansi 5%, yang ditunjukkan dengan signifikansi uji sebesar 0,000. Koefisien regresi yang ditemukan sebesa 1,592, dengan persamaan regresi Y=3,823 + 1,592 X, dimana Y adalah perilaku imitasi anak dan X adalah intensitas menonton tayangan sinetron Baim. Kontribusi dari intensitas menonton tayangan sinetron Baim dalam mempengaruhi perilaku imitasi anak adalah sebesar 68,9%, dan 31,1% lainnya diakibatkan oleh pengaruh dari faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

DAFTAR PUSTAKA

Adi Prakosa. Komunikasi Verbal dan Non Verbal. www.adiprakosa.blogspot.com

Agus Hermawan . 2008. Perkembangan Teknologi televisi adjusthermawan.blogspot.com..

Anonim. 1998. Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Makalah Seminar di Ambarukmo Palace Hotel Yogyakarta, 24 September.

B.D. Ruben and Stewart, L.P.. 1998. Communication and human behavior, 4 th edition. Allyn and Bacon Viacom Company, Boston.

Bruse, Tina, 1987.  Early Childhood Education. London : Holder & Stoughton, 1987

Depdikbud 1994, Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdikbud

Deborah Tannen. 1996.Seni komunikasi Efektif: membangun relasi dengan membina gaya percakapan. Alih bahasa: Amitya Komara. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ebbeck, Marjory Ann, Early Childhood Education, Melbourne : Longman Cheshire, 1991

H. Syamsu Yusuf. 2002. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Hurlock, Elizabeth B. 1992. Perkembangan Anak,  Jakarta : Erlangga

Imilia Lekawati. 2007.  Perkembangan Media Seiring Perkembangan Teknologi. www.waena.org. Diakses Desember 2009.

Irawan Galuh P. 2008. Perilaku Imitasi Dalam Permainan Anak (studi deskriptif tentang pola perilaku imitasi dengan adanya tokoh idola pada anak usia sekolah dasar dalam bermain di RW XIV). Skripsi S1. Universitas Gadjah Mada.

Jalaludin Rakhmat. 1994. Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya, Bandung.

JB. Wakyudi. 1992.Teknologi Informasi dan Produksi Citra Bergerak. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kardi. 2007. Pengaruh Media Televisi Terhadap Perkembangan Budi Pekerti Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Ronggojati Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi S1. Universitas negeri Yogyakarta.

Kartini Kartono, 1990. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan), Bandung: Mandar Maju

Kurniadi. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan remaja. Jakarta: Rineka Cipta

Miller, N.E.dan Dollard, J. 1941. Social Learning and Imitation, New Haven:Yale Unniversity Press.

M. Siahaan,1990. Komunikasi Pemahaman dan Penerapannya. Jakarta:BPK Gunung Mulia

Noor Laily. 2009. Perlukah Melatih Orang Tua?,  http://my.opera.com.

Padmonodewo, Soemiarti, 1994.  Buku Ajar Pendidikan Pra Sekolah.  Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti

Singgih D. Gunarsa, Ny. Y. Singgih D. Gunarsa. 1995. Psikologi Praktis : Anak, Remaja dan Kelurga. Jakarta: Gunung Mulia

Singgih D. Gunarsa, 1997. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta:  Gunung Mulia

Sholehuddin, M. 1997.  Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Bandung: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung

Soleh A. Yaman. 2008. Mendidik dengan Cinta.webcache.googleusercontent.com

Stephanus Mulyadi. 2006. “Di Smack Down Aja Pah”. Kabar Indonesia.

Sudjud, Aswarni. 1997. Konsep Pendidikan Pra Sekolah. Yogyakarta: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta

Veven Sp. Wardhana, 1994. Kapitalisme TV dan Startegi Budaya Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Wawan Kuswandi, 1994. Komunikasi Massa:  Sebuah Analisa Media Televisi. Jakarta: Rineka Cipta, Jakarta

Wiryanto. 2000. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Gramedia Pustaka

Yabina. Fenomena Smack Down. Artikel Psikologi Perkembangan No 19 Tahun 2006.

Y. Slamet, 1993. Analisis Kuantitatif Untuk Data Sosial, Solo : Dabara Publisher.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s