SKRIPSI SOSPOL ILMU KOMUNIKASI (Pengaruh Aktivitas Publics Relation Terhadap Keputusan Pengunjung)


PENGARUH AKTIVITAS PUBLICS RELATION TERHADAP KEPUTUSAN PENGUNJUNG MENGINAP DI THE SUNAN HOTEL SOLO (Studi Korelasi Pengaruh aktivitas Publics Relation Terhadap Keputusan Pengunjung Mengingat  Di The Sunan Hotel Solo)

A.    Latar Belakang Masalah

Kota Surakarta yang sering juga disebut dengan kota Solo merupakan salah satu kota yang mempunyai potensi bisnis yang sangat besar. Ditambah lagi dengan dijadikannya bandara Adi Sumarmo sebagai bandara internasional menjadikan kota ini semakin ramai. Selain itu kota Solo terletak dipersimpangan antara Yogyakarta, Solo, dan Semarang atau yang sering disebut dengan persimpangan Joglosemar. Hal ini merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengusaha yang hendak mengembangkan usahanya di kota Solo ini.

Selain letak yang strategis dari kota Solo, kota Solo juga terkenal sebagai kota wisata dan kota budaya. Semua ini merupakan karakter yang kental dari kota Solo yang memang tidak akan lepas dari budaya yang ada di masyarakatnya. Di kota Solo terdapat beberapa tempat yang masih mempunyai nilai budaya yang cukup tinggi, karena memang di kota Solo mempunyai peninggalan sejarah yang cukup banyak. Diantaranya tempat-tempat tersebut yaitu di kota Solo terdapat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Keraton Mangkuneran, Taman Hiburan Sriwedari, Taman Satwa Taru Jurug, Moseum Radya Pustaka, yang merupakan daya tarik tersendiri yang bagi kota Solo.

Kota Solo selain sebagai kota budaya dan tujuan wisata, kota Solo juga mempunyai aktivitas yang sangat padat. Hal ini dapat dilihat setiap ruas jalan pada waktu pagi dan sore harinya. Hal ini menunjukkan bagitu pesatnya aktivitas yang ada di kota Solo. Hal ini didukung dengan adanya banyak industri, sekolah, bahkan perguruan tinggi yang ada di kota Solo ini.

Kondisi yang demikian ini merupakan salah satu pertimbangan yang bagi para pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya di kota Solo ini. Dengan kondisi yang dimikian membuat kota Solo mempunyai nilai tersendiri bagi para wisatawan baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik yang hendak berkunjung ke kota Solo. Dengan banyaknya wisatawan yang datang ke kota Solo ini membuat banyak para pengusaha atau pelaku bisnis yang berniat untuk mengembangkan usahanya di kota ini.

Seiring dengan semakin banyaknya agenda kegiatan baik berskala nasionalmaupun internasional yang digelar di kota Solo, tidak heran apabila kota Solo menjadi semakin banyak dikunjungi oleh pelaku bisnis, wisatawan baik manca negara maupun domestik. Hal ini merupakan bukti semakin berkembangnya kota Solo sebagai kota kunjungan wisata dan bisnis. Hal ini juga didukung dengan adanya perkembangan pembangunan infrastruktur yang ada di kota Solo yang semakin baik sehingga berdampak pada banyaknya investor yang ingin mengembangkan usahanya di kota Solo.

Dengan kondisi yang seperti ini tidak heran apabila perkembangan ini memberikan ampak terhadap usaha perhotelan yang ada di kota Solo. The Sunan Hotel Solo sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang akomodasi perhotelan yang ada di Solo merupakan perusahaan perhotelan yang baru, dimana dulunya bernama Quality Hotel Solo. Bergantinya nama The Sunan Hotel merupakan bentuk keberanian pihak manajemen hotel untuk melakukan ekspansi yang lebih bebas sehingga tidak terikat dari manajemen Quality yang ada di pusat.

Publik relation merupakan bagian penting dari perusahaan khususnya perusahaan perhotelan untuk lebih mendekatkan perusahaan dengan konsumen. Publik relation sebagai ujung tombak dari perusahaan berfungsi sebagai media perntara antara pihak perusahaan dengan masyarakat melalui informasi yang diberikan oleh publik relation tentang perusahaan terhadap produk perusahaan. Publik relation merupakan suatu upaya untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan dalam rangka membangun hubungan yang baik dengan konsumen maupun berbagai lembaga dan masyarakat demi tercapainya tujuan perusahaan. Citra perusahaan dapat terbentuk dengan baik melalui kerja publik relation di masyarakat. Sehingga dalam hal ini publik relation mempunyai peran besar terhadap kelangsungan perusahaan. Publik relation juga dapat berperan dalam mempengaruhi konsumen terhadap produk perusahaan.

           Mengingat peranan penting aktivitas publik relation dalam mempengaruhi perilaku konsumen, maka dalam penelitian ini penulis ingin mengangkat permasalaan ini sebagai pembahasan dalam penelitian ini. Untuk itu dalam penelitian ini penulis memberikan judul : ”PENGARUH AKTIVITAS PUBLICS RELATION TERHADAP KEPUTUSAN PENGUNJUNG MENGINAP DI THE SUNAN HOTEL SOLO (Studi Korelasi Pengaruh aktivitas Publics Relation Terhadap Keputusan Pengunjung Mengingat  Di The Sunan Hotel Solo)”

B.     Rumusan Masalah

            Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka dalam peneleitian ini penulis merumuskan permasalahan yang hendak dibahas dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut :

  1. Bagaimana aktivitas publics relation yang ada di The Sunan Hotel Solo ?
  2. Bagaimana pengaruh aktivitas public relation terhadap keputusan pengunjung mengingat di The Sunan Hotel Solo ?

DAFTAR PUSTAKA

Agus Sulastiyono, 1999, Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Basu Swasta, 2000, Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta, Liberty.

Deddy Mulyana, 2007, Ilmu Komunikasi suatu Pengantar, Bandung : Rosda Karya.

Djarwanto, Pangestu Subagyo, 2003, Statistik Nonparametrik,. Yogyakarta, BPFE.

Engel, Jeronme F., Roger D. Blackwell and Paul William, Miniard, diterjemahkan oleh F.X. Budiyanto, 1994, Perilaku Konsumen. Jilid I. Jakarta : PT. Binarupa Aksara.

Gaspersz, 1997, Total Quality Management, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hazil Tanzil, Panglaykim, 1985, Manajemen Suatu Pengantar, Jakarta, Ghalia Nasution, 1987, Metodologi Riset, Bandung, Jen Masr.

Jallaludin Rahmat, 1991, Psikologi Komunikasi, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Jefkins, Frank, 1995, Public Relations, Jakarta : Erlangga.

M. Linggar Anggoro, 2000, Teori dan Praktek Kehumaan, Jakarta : Bumi Aksara.

Moore, Frazir, H., 1996, Hubungan Masyarakat Prinsip, Kasus dan Masalah. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasution, 2001, Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta: Gralia Indoensia.

Raminto, Atik Septi Winarsih, 2008, Manajemen Pelayanan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ronald Nangoi, 1988, Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan, Edisi 1 Detakan 1, Jakarta, Rajawali Press.

Siahaan, 1991,  Komunikasi Penerapan dan Pemahaman, Jakarta : Rineka Cipta.

Siagan, Sondang P., 2002, Manajemen Strategi, Jakarta : Bumi Aksara.

Suharsini Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Teknik Pendekatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Supriyono, RS., 1998, Manajemen Strategi dan Kebijaksanaan Bisnis Edisi II, Cetakan 1, Yogyakarta, BPFE UGM.

Sutrisno Hadi, 1999, Statistik, Yogyakarta, Fakultas Psikologi UGM.

Sutrisna, 2002, Perilaku Konsumen, Bandung, Rosda Karya.

Vincent Gaspersz, 2001, Total Quality Management. Jakarta Gramedia Pustaka Utama .

Widodo Muktiyo, 2006, Membangun Usaha Dengan Kekuatan Image. Yogyakarta : Pinus.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s