PTK SMP BIOLOGI (UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA PADA PENCERNAAN MANUSIA MODEL JIGSAW DI KELAS VIII)


UPAYA PENINGKATAN  PEMBELAJARAN IPA  PADA PENCERNAAN MANUSIA MODEL JIGSAW DI KELAS VIII C SMP NEGERI 18 CIREBON

ABSTRAK

Penelitian ini mengangkat sebuah fenomena pembelajaran di kelas yang dikemas dalam sebuah penelitian Tindakan Kelas dengan Judul “Upaya Peningkatan Pembelajaran IPA Pada Pencernaan Manusia Melalui Model Jigsaw di kelas viii c smp negeri 18 cirebon”

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik observasi dengan penekanan pada proses pembelajaran dikelas. Populasi dalampenelitian ini 42 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan.  Sample penelitian siswa kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 18 Cirebon Tahun Pelajaran 2006 – 2007

Data yang dikumpulkan bersunber dari PTK yang mencakup 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) refleksi sebanyak dua siklus. Temuan penelitian ini sebagai berikut : (1) Umumnya perhatian siswa pada proses pembelajaran meningkat (2) aktifitas siswa dalam pembelajaran meningkat (3) Kesungguhan dan kemampuan siswa untukmenyelesaikan soal yang diberikan  guru meningkat (4) hasil belajar kesebagunan siswa meningkat dari sklus I ke siklus II (5) Jumlah siswa yang memperoleh peningkatan nilai dari sebelumnya meningkat (6) jumlah siswa yang memperoleh penurunan nilai dari sebelumnya berkurang (7) hasil belajar siswa baik secara individu maupun kelompok mengalami peningkatan, pada siklus pertama dari rata-rata 59.24 menjadi 78.38 pada siklus ke dua, mengalami peningkatan 32.30%

Berdasarkan temuan diatasd peneliti merekomendasikan bahwa pembelajaran dengan model Jigsaw pada umunya dapat dipakai sebagai model dalampembelajaran Penecrnaan Manusia.

DAFTAR PUSTAKA

Achar. (1999) Pembelajaran Kooperatif Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran. Jakarta Depdiknas

Badeni (1999) Masalah Dan Solusi Pembelajaran IPS Dengan Pendekatan Kooperatif Learning JPIS

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan (1990). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung, P2LPK IKIP BANDUNG

Dimyati Dan Mudjiono (1999) Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Suharsini Arikunto (2005) Diklat Penelitian Tindakan Ditendik. Depdiknas

Tabrani Rusyam. (1993). Proses Belajar Mengajar Yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta Bina Budhaya

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472 / PIN : 2771D5FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s