PTK SMP MATEMATIKA (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL DALAM POKOK BAHASAN OPERASI PADA BILANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK)


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL DALAM POKOK BAHASAN OPERASI PADA BILANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK TAHUN PELAJARAN 2005 / 2006

ABSTRAK

_________________. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar  Siswa  Kelas  VII  A  SMP  Negeri  01  Dukuhwaru  Kabupaten  Tegal  Dalam Pokok  Bahasan  Operasi  Pada  Bilangan  Pecahan  Melalui  Model  Pembelajaran Diskusi Kelompok”.

Penelitian   ini   dilaksanakan   dengan   tujuan   untuk   mengetahui   ada   tidaknya pengaruh  berhitung  pada  operasi  pecahan terhadap  prestasi  belajar  matematika pada siswa kelas VII A semester I SMP Negeri 01 Dukuhwaru Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2005/2006.

Penelitian  ini  mengambil  lokasi  di  SMP  Negeri  01  Dukuhwaru  Kabupaten Tegal. Siswa yang menjadi subyek penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 40  siswa  yang  terdiri  dari  21  laki-laki  dan  19  perempuan  dengan  pembagian kelompok-kelompok kecil yang  terdiri 5 siswa dalam setiap kelompok.

Penentuan   hasil   penelitian   dengan   menggunakan   berbagai   metode   yang diterapkan dari tingkatan Siklus I, Siklus II dan Siklus III dimana tiap siklus harus diketahui kekurangannya dan kelebihannya yang pada gilirannya semua kekurangan yang ada untuk diperbaiki sehingga pada siklus ke III dapat mencapai hasil rata-rata minimal 65 % dari jumlah siswa yang ada dengan total nilai kwantitatif 100.

Setiap siklus pada akhir pembelajaran diukur dengan tes formatif dan pos tes untuk mengetahui hasil yang diharapkan. Sedangkan pada siklus terakhir yaitu siklus ke III dengan menggunakan ukuran ulangan blok untuk mengetahui keberhasilannya sehingga semua  pokok bahasan  yang  ada  kaitannya  dapat  dirangkum  pada  soal ulangan blok tersebut.

Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat digunakan untuk pertimbangan agar guru lebih sering menekankan materi tentang kemampuan berhitung yaitu pada operasi   penjumlahan   pecahan,   pengurangan   pecahan,   perkalian   pecahan,   dan pembagian  pecahan  agar  siswa  lebih  terlatih  dengan  masalah  hitung-menghitung. Selain   itu   dapat   juga   digunakan   sebagai   pedoman   bahwa   guru   lebih   sering memberikan  latihan-latihan  soal  pada  siswa  sesuai  dengan  pendekatan  konstekstual untuk dapat menemukan cara dan hasil yang cocok setelah dievaluasi hasilnya.

DAFTAR PUSTAKA

Abdurahman, Mulyono. 1999. PendidikanBagiAnakBerkesulitanBelajar.Jakarta : Rineka Cipta.

Ali Pandi, Imansyah. 1988. Didaktik Metode Umum. Surabaya : Usaha Nasional.

Budimansyah.  2002.  Model  Pembelajaran dan  Penilaian  Berbasis  Porto  Polio. Bandung : PT Genesindo.

Darsono, Maks. 2001. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta : Rineka Cipta.

Depdikbud. 2000. Penilaian dan Pengujian untuk Guru SLTP. Jakarta : Depdikbud. Depdikbud. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Depdikbud.

Depdikbud. 2003. Penilaian Tingkat Kelas. Jakarta : Depdikbud.

Depdikbud. 2003. Pengembangan Umum Pengembangan Silabus berbasis Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Depdikbud. Karso. 1993. Dasar-dasar Pendekatan MIPA. Jakarta : UT.

Natawijaya, Rohman. 1984. Pengajaran Remidial. Jakarta : Depdikbud.

Negoro,   ST   &   B.   Harahap.   1988.   Ensiklopedia   Matematika.   Jakarta   :   Ghalia Indonesia.

Pandoyo,  Djoko  Moesono.  2004.  Matematika  untuk  Sekolah  Menengah  Pertama. Jakarta : Balai Pustaka.

Slameto. 1995. BelajardanFaktor-faktoryangMempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiarto   &   Isti   Hidayah.   2004.   Workshop   Pendidikan   Matematika.   Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Sujitno,   Amin.   2005.   Pendidikan   Matematika   I.   Jurusan   Matematika   FMIPA UNNES.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s