PTK SD MATEMATIKA ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG HUBUNGAN ANTAR SATUAN PANJANG MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV )


UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG HUBUNGAN ANTAR SATUAN PANJANG MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2010/2011 SD NEGERI II JATISRONO WONOGIRI

ABSTRAK

Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut: (1) Langkah-langkah pembelajaran kontekstual (CTL) untuk materi hubungan antar satuan panjang pada siswa kelas IV SDN II Jatisrono; (2) Besarnya peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN II Jatisrono  untuk materi hubungan antar satuan panjang setelah pelaksanaan pendekatan CTL.

Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan di kelas IV SD Negeri II Jatisrono, dengan subyek penelitian sejumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dibuat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pembelajaran CTL cukup efektif dilaksankan dengan pembentukan learning community, membangun hubungan bermakna, melaksanakan kegiatan yang signifikan, memberikan kesempatan berfikir kritis, membangun standar yang tinggi, memelihara pribadi dengan motivasi, pengelolaan kelompok yang cepat menyelesaikan tugas, dan penarikan kesimpulan; (2) Pendekatan CTL untuk pembelajaran hubungan antar satuan panjang mampu meningkatkan penguasaan materi pada siswa kelas IV SD Negeri II Jatisrono, dengan nilai pada akhir penelitian yang lebih tinggi dari target yang ditetapkan guru (Nilai rata-rata siswa adalah 7,74 sedangkan target yang ditetapkan adalah 7) dan ketuntasan belajar yang jauh diatas KKM yang ditetapkan (ketuntasan yang dicapai adalah 88,2% siswa tuntas belajar sedangkan KKM yang ditetapkan adalah 75% siswa tuntas belajar).

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zainal. 1998. Evaluasi Instruksional Prinsip dan Prosedur. Bandung : CV Karya

Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. University Press

Johnson, Elaine B. 2006. Contextual Teaching and Learning. Bandung : Mizan Learning Center (MLC)

Lie, Anita. 2008. Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Martinis Yamin. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Melvin K. Silberman. 2004. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktiv. Bandung: Nusamedia

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert. 1994. Cooperatif Learning. (Terjemahan Agus Susanto). Boston University

Sudjana, Nana. 1998. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Usman, Moh. Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Umaedi. 2002. Pendekatan Kontekstual. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472 / PIN : 2771D5FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s