PTK SD IPS (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PENINGGALAN SEJARAH BERCORAK HINDU, BUDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK)


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PENINGGALAN SEJARAH BERCORAK HINDU, BUDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI I PANDEYAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ABSTRAK

____________________, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Peninggalan Sejarah Bercorak Hindu, Budha, Dan Islam Di Indonesia Melalui Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri I Pandeyan Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode diskusi untuk siswa kelas 5 Semester gasal SD Negeri I Pandeyan Wonogiri; (2) Untuk mengetahui besarnya prestasi siswa sebelum dan sesudah diberlakukan metode diskusi.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana tindakan pembelajaran dilaksanakan dengan metode diskusi sebagai langkah dalam meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Peninggalan Sejarah Bercorak Hindu, Budha, Dan Islam Di Indonesia. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal, tahun pelajaran 2011/2012 di kelas V SDN I Pandeyan, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif

Hasil dari pelaksanaan penelitian adalah 1) Metode diskusi yang dikembangkan di kelas V SDN I Pandeyan Kecamatan Jatisrono yang paling efektif menggunakan langkah-langkah: (1) Pendahuluan, meliputi motivasi dan apersepsi; (2) Inti Pembelajaran, yang meliputi (a) Membentuk kelompok-kelompok kecil di kelas; (b) Membagikan referensi yang diperlukan, meliputi textbook dan artikel-artikel serta gambar-gambar yang berkaitan; (c) Memberikan tanda pada bagian-bagian yang penting dalam text book; (d) Menyebarkan siswa berprestasi pada setiap kelompok; (e) Memberikan motivasi (dorongan) untuk memupuk percaya diri dan tantangan pada siswa melalui pujian, harapan, dan keyakinan pada potensi siswa serta menetapkan standar keunggulan yang tinggi; (f) Memberikan giliran pada siswa dalam setiap kelompok untuk menyampaikan jawaban dan gagasan; (g) Memberikan kesempatan siswa yang kurang berprestasi untuk menyampaikan hasil diskusi; (h) Menggunakan pertanyaan-pertanyaan umpan yang menggiring pada jawaban persoalan yang dikehendaki dalam pertengahan proses diskusi; (3) Penutupan, dilakukan dengan pembuatan kesimpulan hasil bealajar dan test pengukuran hasil belajar; 2) Metode diskusi yang baik dapat dilakukan dengan metode siklus yang memiliki berbagai kelebihan, diantaranya adalah segera diketahuinya kendala-kendala yang merugikan pelaksanaan proses diskusi serta diketahuinya efektivitas dari alternatif-alternatif pemecahan masalah yang diberlakukan oleh guru; 3) Proses diskusi yang diterapkan pada siswa kelas 5 semester gasal SD Negeri I Pandeyan Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri menunjukkan adanya hasil positif yang berupa peningkatan prestasi siswa yang cukup signifikan untuk mata pelajaran IPS. Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa pengaruh yang nyata terlihat sebagai akibat dari penerapan proses diskusi untuk materi IPS siswa kelas 5 semester gasal SD Negeri I Pandeyan Kecamatan Jatisrono.

DAFTAR PUSTAKA

Rusdyo Kusumaningrat. 2001. Problematika Kependidikan di Indonesia. Jurnal Kependidikan No 12 Vol 5.

H.A. Syamsudin Makmun. 2007. Psikologi Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Enco Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Carol, G. 1999. Effective Study Group: Teaching Technic in Classroom. New York: Harvard University

Slameto. 2002. Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset

Loree, H. 1970. Foundation of Modern Teaching. Oxford: Oxford University

Elley, Johanna and Gerlach, H. 1971. Teaching Techniques. McGraw Hill

Mudjiono. 1999. Evaluasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

J.A Miles dan Hubermen, P. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: UI Press

Suharsimi Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472  / PIN : 2771D5FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s