PTK SD IPS (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA SOFTWARE PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV)


UPAYA MENINGKATKAN HASIL  BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA  SOFTWARE  PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN SUKABUMI SELATAN 06 PAGI (Tahun Pelajaran 2005/2006 Semester I)

ABSTRAK

___________, 2005.Upaya Meningkatkan Hasil  Belajar IPS Menggunakan  Media  Software  Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SDN Sukabumi Utara 04 Pagi Tahun Pelajaran 2005/2006 Semester I.

Kata kunci: Hasil belajar IPS, Media pembelajaran, Software pembelajaran

Pada era global seperti sekarang ini teknologi berkembang sangat pesat. Demikian pula dengan perkembangan dunia komputer yang semakin canggih. Berbagai program baru bermunculan dan membuat kita semakin mudah untuk mencari program-program yang kita inginkan. Kemajuan teknologi komputer sangat membantu dalam penyampaian materi pelajaran. Disamping itu kemajuan teknologi akan lebih mudah kita pelajari apabila kita telah menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN Sukabumi Selatan 06 Pagi Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat yang dilaksanakan pada bulan Nopember 2005 dengan obyek siswa kelas empat sebanyak 20 siswa dengan model tindakan kolaboratif partisipatif selama 3 siklus penelitian. Data penelitian terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif model interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS pada pokok bahasan keragaman suku budaya dan peninggalan sejarah yang ditunjukkan oleh data berikut: nilai rata-rata SiklusI 7,0, nilai rata-rata SiklusII 7,7, dan nilai rata-rata SiklusIII 8,2. Selain hasil belajar berupa data kualitatif yaitu hasil tes, juga ada peningkatan kemampuan siswa untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat, memecahkan masalah, dan pembelajaran lebih aktif hal tersebut ditunjukkan pada gambar 6 halaman 41.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS siswa menggunakan media software pembelajaran IPS. Selain itu penggunaan software pembelajaran IPS menjadikan pembelajaran lebih aktif dan meningkatnya minat siswa untuk belajar.

DAFTAR PUSTAKA

Suharsimi Ariknto, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

………….. 2002. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Kelas di SD, SDLB, SLB Tingkat Dasar, dan MI. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti

Indra Jati Sidi. 2004. Pelayanan Profesional, Kegiatan Belajar-Mengajar yang Efektif. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Nasution. 1996. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara

————. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

———— 2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara

 Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puskur Balitbang Depdiknas. 2003. Model-model Pembelajaran Efektif. (www.puskur_balitbang_depdiknas.com).upadate 28 Agustus 2007.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruktsional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Rahadi, Ansto. 2003. Media Pembelajaran Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud

Sudjana. 2001. Media Pengajaran. Jakarta : Sinar Baru Algensindo

Tim Penyusun, 2003, Belajar Sejarah dan Budaya, Jakarta: Elex Media Komputindo

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s