PTK SD IPS (PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MASALAH SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV )


PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MASALAH SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN SUMBERAJI II KECAMATAN KABUH KABUPATEN JOMBANG

ABSTRAK

Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Karangpakis I Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang.

Kata-kata kunci : Kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial

Permasalahan   pendidikan   siswa   selalu   muncul   bersamaan   dengan berkembang   dan   meningkatnya   kemampuan   siswa   serta   situasi   dan   kondisi lingkungan yang ada. Di samping itu masih diberlakukannya sistem guru kelas di SD   dan   cara   pendekatan   konvensional   sudah   dianggap   tidak   efektif   serta menimbulkan  kejenuhan  di  dalam  kelas.  Oleh  karenanya  guru  dituntut  untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki pengelolahan pembelajaran.

Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK),  merupakan  sarana  termudah  untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pengelola pembelajaran. pembelajaran   konstruktivistis   dimaksudkan   menjadikan   kebiasaan   guru  yang bersifat   otoriter   menjadi   fasilitator   menambah   kegiatan   pembelajaran   ego- involvement  menjadi  task  improvement,  sehingga  proses  pembelajaran  menjadi lebih   efektif   serta   dapat   :   (a)   membangkitkan   minat   siswa   untuk   belajar menemukan sendiri,   (b) bekerjasama     dengan  mengkomunikasikan hasil belajarnya dan (c) anak semakin aktif serta kooperatif.

Peneliti    ini    bertujuan   mengetahui    peningkatan   prestasi    belajar matematika, setelah dilaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media   konkrit,   keaktifan   dan   ketrampilan   siswa   dapat   dimunculkan   dalam pembelajaran. Hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan media konkrit terbukti  signifikan  (1)  meningkatkan  prestasi  belajar  (2)  peningkatan  aktivitas siswa, (3) pemunculan keterampilan siswa dalam pembelajaran.

DAFTARPUSTAKA

Asmawi,  Zainul, dan Maulana,Agus (2005).  Tes dan Assessment  di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Hernawan,  Asep  H,  dkk.  (2006).  Pengembangan  Kurikulum  dan  Pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka

Mikarsa,  Hera Lestari,  dkk.  (2005) Pendidikan  Anak di SD,  Jakarta:  Universitas Terbuka

Saidihardjo, (2004). CakrawalaPengetahuanSosial5untukKelas5SDdanMI. Solo : Wangsa Jatra Lestari

Sumantri, Mulyani. (1999). StrategiBelajarMengajar,Jakarta Depdikbud Dirjen Dikti Proyek PGSD

Wardani,  I.G.A.K;  Wihardit,  K;  &  Nasoetion,  N.  (2003).  Penelitian  Tindakan Kelas, Jakarta : Universitas Terbuka

Winataputra,  Udin  S,  dkk,(2005),  Materi  dan  Pembelajaran  IPS  SD.  Jakarta: Universitas Terbuka

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s