PTK SD IPA (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA ( KONSEP PESAWAT SEDERHANA ) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V)


UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA ( KONSEP PESAWAT SEDERHANA ) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN 01 WIDODAREN TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010.

ABSTRAK

__________________, UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA (KONSEP PESAWAT SEDERHANA) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN 01 WIDODAREN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2010.

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui cara menerapkan pembelajaran IPA di kelas 5 sekolah dasar melalui model pembelajaran kontekstual. (2) Mengkaji kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kontekstual. (3) Mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kontekstual. (4) Mengetahui bahwa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 5 SD. Variabel yang menjadi sasaran pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran kontekstual dan prestasi belajar IPA kelas 5 SD Negeri 01 Widodaren. Bentuk penelitian ini adalah tindakan kelas dengan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai populasi adalah siswa kelas 5 SD Negeri 01 Widodaren yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data variable peningkatan prestasi belajar IPA melalui model pembelajaran kontekstual adalah observasi, pencatatan arsip dan dokumen, tes dan perekaman. Teknik melalui data yang digunakan adalah model analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dibanding sebelum tindakan. Sebelum tindakan siswa yang memperoleh nilai di atas 62 adalah 5 siswa atau 19 % dengan rata-rata 56,81 Tetapi pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas 62 adalah 8 siswa atau 69 % dengan rata-rata 65,21. Sedangkan pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas 62 /tuntas sudah mencapai 22 siswa atau 85% dengan ratarata 70,21. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas 5 SD Negeri 01 Widodaren Unit Pengelola Pendidikan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang tahun 2009/2010.

DAFTAR PUSTAKA

Baharuddin, Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz.Media Group.

Bank, James A. 1985.Teaching Strategy for the Social Studies. New York, Longman

Hamalik Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasar Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Heri Sulistyanto dan Edi Wibowo.2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Mark K. Smith, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka

M.Saekhan Muchith.2008. Pembelajaran Kontekstual.Semarang: Rasail Media Group

Nana Djumhana dan Muslim. 2007.Pendidikan IPA. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Ngalim Purrwanto, 1990. Psikologi Pendidikan . Jakarta : Remaja Rosda Karya

Nurhadi. 2002. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa.

Nyi Mas Aisyah 2008. Pengembangan Pembelajaran di SD. Solo : UNS Pres.

Rohana Kusumawati, 2006. IPA Saling temas SD Kelas V. Klaten: Intan Pariwara

Syaful Bahri Djanara, 1991, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya : Usaha Nasional

Yudhi Munadi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Winkel .1996. Psikologi Pengajaran (Revisi) . Jakarta: Grasindo

W.J.S. Poerwadarminto, 2002. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472 / PIN : 2771D5FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s