SKRIPSI EKONOMI MANAJEMEN (PENGARUH HARGA, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DETERJEN “DAIA” KONSUMEN IBU RUMAH TANGGA)


PENGARUH HARGA, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DETERJEN “DAIA” KONSUMEN IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN GEBANG KABUPATEN PURWOREJO

ABSTRAK

_____________. 2006. Pengaruh Harga, Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Deterjen Daia Konsumen Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. Skripsi. Jurusan ekonomi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas negeri Semarang.

Kata kunci : Harga, Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah harga, produk, dan promosi. Oleh karena itu perusahaan harus mampu menciptakan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau oleh konsumen. Sebagian besar Ibu rumah tangga di Kecamatan Gebang menggunakan deterjen Daia yang mendapatkan Superbrand untuk tahun ini. Oleh karena itu peneliti tertarik malakukan penelitian tentang: Pengaruh, Harga, Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Deterjen Daia Konsumen Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. Permasalahan dari penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh harga, produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian deterjen Daia di di Kecamatan Gebang?, dan 2) Faktor manakah diantara harga, produk, dan promosi yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian deterjen Daia di Kecamatan Gebang. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui adanya pengaruh harga, produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian deterjen Daia di Kecamatan Gebang, dan 2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Daia di Kecamatan Gebang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu rumah tangga yang menggunakan deterjen Daia di Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo, dengan jumlah populasi sebanyak 3352 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik area random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari harga, produk, dan promosi sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan deskriptif prosentase.

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y= 3,092 + 0,325X1 + 0,410X2 + 0,228X3. Uji keberartian persamaan regresi dengan Uji F diperoleh Fhitung = 57,590 > 3,07 Ftabel, yang berarti secara simultan ada pengaruh antara harga, produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian deterjen Daia. Hasil uji parsial diperoleh t1 = 3,641 > 1,98 ttabel, hal ini berarti bahwa ada pengaruh antara harga terhadap keputusan pembelian, t2 = 7,858 > 1,98 ttabel, hal ini menunjukkan ada pengaruh antara produk dengan keputusan pembelian, dan t3 = 4,251 > 1,98 ttabel, hal ini berarti bahwa ada pengaruh antara promosi terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh secara simultan antara

harga, produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian adalah 64,8%. Besarnya pengaruh masing-masing variabel yaitu harga sebesar 12,4% produk sebesar 39,7% dan promosi sebesar 16,2%.

Dari hasil penelitian, dimana produk memberikan pengaruh yang paling besar terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian deterjen Daia tersebut hendaknya pihak perusahaan mempertahankan kualitas dari produk. Perusahaan juga harus meningkatkan promosi agar semakin dekat dengan para konsumennya disamping menyesuaikan harga yang dipandang konsumen telah kompetitif tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari, 1992, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: AlfaBeta

Arikunto, Suharsini, 1996, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Depdikbud, 1991, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka

Engel James F, et. Diterjemahkan Budiyanto FX.1994. Perilaku Konsumen Binangun Aksara

Keraf, Gorys,1989, Komposisi, Flores Nusa Indah

Kotler, Pihlip, 1994, Manajemen Pemasaran, Bandung : Erlangga

Kotler, Philip diterjemahkan Saha Wasana, 1996, Manajemen pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Bandung : Erlangga.

Rachmadi, F, 1992, Prinsip Dasar Publik Relations, Jakarta : Gramedia

Swasta Basu, 1984, Asas-asas marketing, Yogyakarta : BPFE

Swasta Basu, Irawan, 1997, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta : Liberty

Sigit, Soehardi, 1987, Marketing Praktis, Yogyakarta : Liberty

Sutojo, Siswanto, 1983, Kerangka Dasar manajemen Pemasaran, Jakarta :Saptodadi

Sugiyono, 1999, Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta

Tjiptono Fandy, Strategi Pemasaran, 2001, Yogyakarta: Andi

Umar, Husein 1996, Metode penelitian Untuk Skipsi dan Tesis Bisnis, Yogyakarta : Liberty

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s