PTK SD BAHASA INDONESIA (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS 3 SDN SIDOREJO 1 KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR)


PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS 3 SDN SIDOREJO 1 KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR  TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

____________. 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas 3 SDN Sidorejo 1, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Melalui Media Cerita Bergambar Tahun Ajaran 2008/2009. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun.

Kata kunci : Menulis Deskripsi dan Media Cerita Bergambar

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas 3 SDN Sidorejo 1, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi melalui media cerita bergambar tahun ajaran 2008/2009.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian ini adalah di kelas 3 SDN Sidorejo I Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, tahun ajaran 2008 / 2009. Waktu penelitian adalah bulan Maret 2009 sampai dengan Juli 2009. Subjek penelitian ini siswa kelas 3 SDN Sidorejo 1, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, tahun ajaran 2008/2009. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dipakai adalah pengamatan atau observasi, wawancara serta tes untuk kemampuan menulis deskripsi siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang meliputi: (a) reduksi data, (b) penyajian data dan (c) verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas 3 SDN Sidorejo 1, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi melalui media cerita bergambar tahun ajaran 2008/2009, dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) hasil observasi awal menunjukkan siswa yang tertarik dengan pembelajaran kemampuan menulis deskripsi sebanyak 48% (13 orang) dari 24 orang siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 65% (16 orang). Pada siklus 2 meningkat sebanyak 80% siswa (19 orang). Proses pembelajaran sudah dikatakan berkualitas karena setiap indikator mencapai persentase 75% atau lebih; (2) terjadi peningkatan kualitas basil Prestasi pelajaran bahasa Indonesia dari survei awal sebesar sebanyak 43 % (9 orang) menjadi 67% (14 orang) pada siklus I dan meningkat menjadi 78% (15 orang)) pada siklus 2; dan (3) kendala-kendala yang dihadapi bersifat internal maupun eksternal. Kendala internal pada siklus 1, yaitu masih banyak siswa yang tidak fokus dan serius terhadap pembelajaran. Kendala eksternal pada siklus 1, yaitu suara gaduh dari luar kelas karena pintu ruang kelas yang terbuka membuat beberapa siswa kurang fokus terhadap prows pembelajaran. Kendala-kendala itu berhasil diatasi secara bertahap pada siklus 2 berkat kerjasama antara peneliti dan guru.

DAFTAR PUSTAKA

Dewa Ketut Sukardi. 1983. Pedoman Praktis Bimbingan Penyuluhgan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Enco Nlulyasa. 2006. Kurukulum yang Disempurnakan: Pengembangan Standar Korrzpetensi dan Kornpetensi Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Henry Guntur Tarigan, 1994. Menyimak sebagai suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung Angkasa

Mulyanti Sumantri & Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.

Mulyana. 2001. Dalam http://sertifikasiprofesi.blogspot.com/2009/02-/penggunaan-multimedia-disekolah-bagian.html.

Nasution., S. 1986. Didaktik Asas-asas Mengajar. Bandung: Remadja Rosdakarya.     •

Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Oemar 1lamalik. 1989. Perencanaan Pengcjaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwanto. 1986 dalam http://ridwan202.worpress.ccom/2008/05/03/-ketercapaian-prestasi-belajar/.

Rahardjo 1991 dalam http://mustolohbrs.worpress.com/2007/12/04/multi-media-dalam-pembelajaran/.

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelilian Sualu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutratinah Tirtonegoro. 1984. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sumadi Suryabrata. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Suharto. 1995. Kurikulum dan Pengajaran. Surakarta. UNS Press.

Slameto. 1991 dalam http://ridwan202.worpress.ccom/2008/05/03/-ketercapaian-prestasi-belajar/.

Suwarsih Madya, 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.

Thulus Hidayat. 1995. Psikologi (Perkembangan Pendidikan). Surakarta : UNS Press.

http://ridwan202.worpress.ccom/2008/05/03/-ketercapaian-prestasi-belajar/.

http://mustolohbrs.worpress.com/2007/12/04/multi-media-dalam-pembelajaran/.

http://pepak.sabda.org/pustaka/020297/ diakses pada 13 Maret 2009.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s