PTK SD BAHASA INDONESIA (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI MELALUI METODE DISKUSI SISWA KELAS IV)


PENINGKATAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI MELALUI METODE DISKUSI SISWA KELAS IV SD NEGERI BANJARSARI KULON 02 KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

___________. 2009. Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Mela’ui Metode Diskusi Siswa Kelas VI SD Negeri Banjarsari Kulon 02, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun.

Kata Kunci : Diskusi, Argumentasi

Latar belakang penelitian ini diadakan adalah karena selama ini interaksi belajar pada mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia cendarung konvesional. Interaksi belajar hanya satu arah (guru dengan siswa) tanpa adanya umpan balik. Hal ini dikarenakan pengajaran berpusat pada guru-guru mendominasi kegiatan belajar mengajar,guru masih dianggap sebagai sumber ilmu atau sumber informasi yang dengan aktif, menjelaskan materi, sedang siswa pasif mendengarkan, mencatat, menerima materi tanpa aktif berpikir dan tanpa komentar atau mengemukakan pendapat.Selama kegiatan belajar mengajar(KBM) berlangsung guru jarang mengajak siswa untuk berdiskusi, baik secara individu maupun kelompok.

Metode diskusi merupakan salah satu metode pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.Dalam diskusi kegitan belajar mengajar berlangsung secara. inateraktif. Selama pembelajaran siswa aktif mengkontntksi konsep bahasa dan sastra Indonesia, sedang guru sebagai fasilitator dan motifator dalam belajar. Interaksi yang ditimbulkan dalam belajar dengan metode diskusi tidak hanya satu arah (guru dengan siswa) tetapi multi arah (siswa dengan guru dan siswa dengan siswa.

Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan berargumentasi dan mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas VI SD Negeri Banjarsari Kulon Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009.

Pengumpulan data mengunakan nilai rata-rata ulangan sebagai hasil belajar yang mengacu pada standat ketuntasan belajar minimal (SKBM) siswa pada setiap siklusnya dan nilai keaktifan siswa dalam bertanya atau berpendapat dengan mengomentari pendapat siswa lain dalam menjawab pertayaan di LKS atau buku penunjang lainnya.

Dengan penerapan metode diskusi menunjukan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Semula nilai rata-rata siswa pada siklus I sebanyak 50% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,21%. Ketuntasan siswa dalam belajar juga mengalami peningkatan yang semula pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 8 siswa atau 50 % pada siklus II menjadi 12 siswa atau 75 %.

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Masjid. 2006. Perencanaan Penibelajaran. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Basennng Saliwangi. 1991. Pengantar Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. IKIP Malang. Malang.

B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Rineka Cipta. Jakarta.

Conny Semiawan. 1990. Pendekatan Keterampilan Proses. PT gramedia. Jakarta.

Gorys Keraf. 1995. Eksposisi lanjutan ILCramedia. Jakarta.

Henry Guntur Tarigan. 1993. Pembelqjaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Penerbit Angkasa

Sunarko.2003. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Geografi. Departemen Pendidikan Nasional.

Nana Sudjana. 2005. Metode & Teknik Pengajaran Pertisipan. Falah Prodaktion. Bandung.

Syaiful Bahri Djamaroh.2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi edukatif. Rineka Cipta. Jakarta.

Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Hikayat. Yogjakarta.

(http://kediri,Jawa timur arrivendfrom.goggle.com.on.”SAHABATBERSAMA “,di akses 18/04/2008)

(http://massofa.wordpress.cam/2008/03/26/ hakikat-strategi-belajar-mengajar/>

Untuk pemesanan file lengkap silahkan konfirmasi via No. HP. 085 641 016 472 / PIN : 2771D5FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s