PTK SD BAHASA INDONESIA (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS V MELALUI MEDIA VCD)


PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS VC SDN 02 MOJOREJO KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN MELALUI MEDIA VCD TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

____________, 2009. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VC SDN 02 Mojorejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun melalui Media VCD, Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBSI, IKIP PGRI Madiun.

Kata Kunci: Kemampuan Bercerita, Media VCD

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi yang jelas mengenai kemampuan bercerita siswa kelas VC SDN 02 Mojorejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, setelah proses pembelajaran di kelas, dengan menggunakan media VCD, pada tahun pembelajaran 2008/2009.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action research) karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Dalam penelitian tindakan ini, peneliti mengadakan dua siklus dengan kompetensi, dan indikator yang sama namun kegiatan pembelajarannya yang berbeda setiap siklusnya. Selain itu, penelitian ini digunakan bentuk penelitian kolaboratif.

Sumber data diperoleh ketika pelaksanaan tindakan di kelas setiap Siklusnya.Teknik pengumpulan dilakukan melalui observasi kegiatan pembelajaran di kelas, angket yang diisi siswa sebagai wujud tanggapan siswa terhadap pembelajaran di kelas, dan tes bercerita. Sedangkan teknik analisis data hasil tes bercerita didasarkan KKM SDN 02 Mojorejo yaitu 7,0.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti selama dua siklus maka dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) secara umum penggunaan media VCD dalam pembelajaran bercerita sangat membantu siswa dalam menceritakan kembali isi cerita. Hal ini terlihat dari hasil tes bercerita yang mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I rata-rata kelasnya 68,63 dan prosentase ketuntasan belajar klasikal 60%, sedangkan pada siklus II rata-rata kelasnya 73,63 dan prosentase ketuntasan belajar klasikal 82,5%; (2) media VCD mampu mengubah konsep yang abstrak ke konsep yang lebih nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media VCD, kemampuan bercerita siswa kelas VC SDN 02 Mojorejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, tahun pelajaran 2008/2009 meningkat.

DAFTAR PUSTAKA

A bdul Sainat Banin. 2006. http://www.brunet./news/pelita/06.julai didik.htm.

Annasiyah Chamid. 2003. Bahan Ajar Diklat Guru SD Pemandu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Surabaya: Balai Penataran Guru.

Arief S. Sadiman, dkk. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Caray Label. 2009. http//makalah clan skripsi.blogspot com/2009/03. pengertian berbicara html.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. PeraturanMenteri Pendidikan Nasional Nomor 22, 23, 24 Tahun 2006. Jakarta.

Djago Tarigan. 1992. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hudoro Sameto. 2004. Cara Berbicara dan Presentasi dengan Audio Visual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

htttp//www.total.or.id/info phi? kk=vidio compact disk.

http//www.sbektiistiyanto. files.wordpress.com/2008/03. media pendidikan ppt.

Mukhsin Ahmadi. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastyra. Malang: YA3.

Ngalim Purwanto. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasa. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.

Tim Pelatihan Proyek PGSM. 1990. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.

Untuk pemesanan file lengkap silahkan konfirmasi via No. HP. 085 641 016 472 / PIN : 2771D5FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s