PTK SMP BIMBINGAN KONSELING (MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PERKEMBANGAN REMAJA MELALUI METODE MEMBANGKITKAN RASA INGIN TAHU)


MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PERKEMBANGAN REMAJA MELALUI METODE MEMBANGKITKAN RASA INGIN TAHU DI KELAS VIII-4 SMP NEGERI 101 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009-2010 SM.I

ABSTRAK

Jelly: Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Perkembnagan Remaja Melalui Metode Membangkitkan Rasa Ingin Tahu di Kelas VIII-4 SMP Negeri 101 Jakarta Tahun Pelajaran 2009-2010 SM.I

Berdasarkan pengamatan ada beberapa siswa yang belum memahami perubahan fisik maupun psikis pada diri mereka. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi tentang perkembangan remaja. Siswa mendapat informasi dari sumber yang salah, kurang perhatian orang tua, adanya kesenjangan komunikasi dan perlakuan y ang salah terhadap diri remaja. Guru mengajak siswa untuk menggali pengetahuan tentang perubahan dan perkembangan fisik maupun psikis yang sedang terjadi pada diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai perkembangan remaja.

Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-4 SMP Negeri 101 Jakarta pada bulan Agustus sampai Oktober 2009. Metode yang digunakan adalah model Kemmis MC Taggart dengan membangkitkan rasa ingin tahu yang terdiri dari dua siklus, masing-masing dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis tentang pemahaman remaja, lembar observasi tentang keaktifan siswa, angket tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru.

Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I skor tes rata-rata 7,2 ; pada siklus II skor tes rata-rata 7,88 ; Hasil observasi juga menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode membangkitkan rasa ingin tahu dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap perkembangan remaja. SMP Negeri 101 Jakarta .

Kata kunci: Pemahaman, Remaja, Metode

DAFTAR PUSTAKA

Abin, Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Aqib, Zaenal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV YRAMA WIDYA, Bandung

Kusnandar,   2008,   Langkah   Mudah   Penelitian   Tindakan   Kelas   Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PI Raja Grafindo Persada.

Mel, Siberman. 2007. Strategy Active Learning: Jakarta.

Moh. Surya. 1997. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung PPB – IKIP Bandung.

Priyono. 1995. Layanan Bimbingan dan konseling Kelompok. Ghalia Jakarta Simorangkir, O.P. 1987. Kesadaran pikiran dan tanggung jawab. Jakarta. Sudrajat, Akhmad. 2008 Taksonomi Prilaku. Jakarta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka cipta

Tafsir, Nurhayati. 2002. Modul BK Jakarta. Jakarta.

Tohirin. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Jakarta.

Winkel. WS. 1989. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Jakarta

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s