PTK SMP BIMBINGAN KONSELING (UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MASUK SEKOLAH PADA JAM PELAJARAN PERTAMA MELALUI HUKUMAN BERJENJANG)


UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MASUK SEKOLAH PADA JAM PELAJARAN PERTAMA MELALUI HUKUMAN BERJENJANG DI SMP NEGERI 2 RANDUBLATUNG SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diadakannya upaya peningkatan disiplin bagi siswa yang datang terlambat saat pelajaran jam pertama melalui hukuman berjenjang pada kelas VII C SMP Negeri 2 Randublatung semester gasal Tahun Pelajaran 2008/2009.

Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Randublatung Blora. Penelitian ini mulai dilakukan selama tiga bulan yaitu dimulai pada bulan Juli 2008 sampai dengan September 2008 pada hari efektif kegiatan belajar mengajar. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMP Negeri 2 Randublatung Blora pada kelas VII C Tahun Pelajaran 2008/2009. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan  2 (dua) siklus. Pada bulan Juli 2008 dimulai Pra Tindakan. Pada bulan Agustus 2008 proses Siklus I, dan bulan September 2008 proses siklus II.

Hasil penelitian: Pada pra siklus pada bulan Juli 2008 terdapat 25 siswa yang terlambat dan hanya 7 yang tidak terlambat. Siklus I pada bulan Agustus 2008 terdapat 12 keterlambatan siswa dan 20 yang tidak terlambat. Siklus II pada bulan September 2008 terdapat 4 siswa yang terlambat dan 28 siswa tidak terlambat. Hal ini menunjukkan keberhasilan tindakan kelas yang dilakukan atas permasalahan keterlambatan siswa pada saat jam pertama pelajaran. Sehingga hipotesis yang mengatakan “Diduga dengan diadakannya upaya tindakan pendisiplinan dengan hukuman berjenjang bagi siswa yang datang terlambat pada pelajaran jam pertama kelas VII C SMP Negeri 2 Randublatung semester gasal Tahun Pelajaran 2008/2009 dapat meningkatkan ketepatan waktu masuk pada pelajaran jam pertama” terbukti kebenarannya.

DAFTAR PUSTAKA

Agus Sulistyo dan Adi Mulyono. 2004. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surakarta : Penerbit Ita.

Bambang Sujiono. 2005. Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit PT. Elex Media Komputindo.

Basuki Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas, Dirjen PDM Direktorat Tenaga Kependidikan.

Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.

Harris Clemes dan Reynold Bean. 2001. Mengajarkan Disiplin Kepada Anak. Jakarta : Mitra Utama.

Suryadi. 2006.  Kiat Jitu dalam Mendidik Anak. Jakarta : Penerbit Mahkota.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s