PTK SMP BAHASA INDONESIA (PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR)


PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 3 SERIRIT

ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk : 1). meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IX B SMP Negeri 3 Seririt tahun pelajaran 2009/2010 khususnya kemampuan melaporkan berbagai peristiwa secara lisan, 2). mengidentifikasi peningkatan daya scrap siswa kelas IX B SMP Negeri 3 Seririt tahun pelajaran 2009/2010 pada aspek keterampilan berbicara khususnya melaporkan berbagai peristiwa secara lisan, dan 3). mengidentifikasi bagaimana langkah – langkah yang efektif dilakukan oleh peneliti/guru dalam menggunakan media gambar agar hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IX B SMP Negeri 3 Seririt pada aspek berbicara khususnya melaporkan berbagai peristiwa secara lisan dapat ditingkatkan.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada siswa kelas IX B SMP Negeri 3 Seririt semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 30 orang sebagai subjek penelitian.

Pengumpulan datanya menggunakan teknik tes unjuk kerja yang telah dilengkapi dengan rubrik penilaian untuk pengumpulan data utama, dan teknik observasi untuk pengumpulan data pelengkap.

Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif komparatif untuk data utama yaitu dengan cara membandingkan nilai tes hasil belajar siswa dengan KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX SMP Negeri 3 Seririt tahun pelajaran 2009/2010 yaitu angka 66 sebagai indikator kinerja, kemudian membandingkan nilai tes hasil belajar antarsiklus.

Dari penganalisisan data diperoleh hasil bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara khususnya kemampuan melaporkan berbagai peristiwa secara lisan. Daya scrap siswa meningkat sebesar 22,08 % setelah diberikan perlakuan/tindakan.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan agar guru bahasa Indonesia mencobakan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek berbicara serta melakukan pemilihan/penetapan topik gambar secara hati-hati agar efektivitas gambar sebagai media pembelajaran terpenuhi.

Kata Kunci :       Media gambar, hasil belajar, kemampuan berbicara khususnya melaporkan berbagai peristiwa secara lisan.

DAFTAR PUSTAKA

BSNP. 2006. SKdan KD Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs. Jakarta: BSNP.

BSNP. 2007. Model Penilaian Kelas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: CV Timur Putra Mandiri.

Dryden, Gordon dan Dr. Jeannette Vos. 2003. Revolusi Cora Belajar. The Learning Revolution. Bagian I. Belajar Akan Efektif kalau Anda dalam Keadaan Fun. Bandung: Kaiffa.

…….. 2003. Revolusi Cora Belajar. The Learning Revolution. Bagian II. Bandung: Kaiffa.

Depdiknas. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa dan Sastra Indonesia Buku I. Jakarta: Depdiknas.

…….. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa dan Sastra Indonesia Buku2. Jakarta: Depdiknas.

…….. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2005. Materi Pelatihan Terintegras Bahasa dan Sastra Indonesa Buku 3. Jakarta: Depdiknas.

Finoza, Lamudin. 1993. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Hastuti, Sri. 1996. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D – III.

Ismail, Taufiq. 2003. Mengarang Itu Senang. Bimbingan Pelajaran Mengarang untuk SLTP. Jakarta: Yayasan Indonesia.

Keraf, Gorys. 1995. Eksposisi. Jakarta: PT Gramedia.

Mahaputri, Ni Luh Putu. 2003. Implementasi Pendekatan Struktural Tipe Numbered-Head- Together dalam Pembelajaran Kalor sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II F SLTP Negeri Sukasada Tahun Ajaran 2003/2004. Sfcr/ps/(Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan MIPA IKIP Negeri Singaraja.

Marahimin, Immail. 2001. Menulis Secara Populer. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Mas’Ud, Lolu. 2005. Penerapan Pendekatan Komunikatif Integratif dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara 2, Suatu Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Semester II Program Studi PBSID STKIP Hamzanwadi di Selon. Tests (Tidak Diterbitkan). Fakultas Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja.

Nurjaya, I Gede dkk. 1997. Penggunaan Gambar Berseri untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Keterampilan Menulis di Kelas IV SD Laboratorium STKIP Singaraja. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan). Sekolah Tinggi Keguruan dan Hmu Pendidikan Singaraja.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1997. Pokok-pokok Pengajaran Bahasa dan Kurikulum 1994 : Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembukuan Depdikbud.

Romli, Asep Syamsul M. 2003. Lincah Menulis Pandai Berbicara: Panduan Ringkas Menulis Artikel dan Teknik Berpidato di Depan Umum. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sadiman, Arief S dkk. 2006. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suastana,   I Made (Widyaiswara). 2007. Bagaimana Pengelolaan Pembelajaran Kontekstual? Makalah. Disajikan dalam rangka workshop Peningkatan Mutu Hasil Ujian Nasional Tingkat SMP di Hotel Batukaru. Denpasar: Depdiknas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Bali.

Sudiatmika,   I Wayan. 2004. Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Model Pembelajaran Langsung dalam Pembelajaran Kalor sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IIA SMP Negeri 3 Singaraja. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan MIPA IKIP Negeri Singaraja.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suharsimi Arikunto. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suryanto, Alex dan Anita Verly. 2004. Bahasa Indonesia SMP untuk Kelas IX. Surabaya: Esis.

Wahono, dan Rusmiyanto. 2007. Kreatif Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMP Kelas IX. Jakarta: Ganeca Exact.

Wibowo, Teguh dkk. 2005. Bahasa dan Sastra Indonesia 3 untuk SMP kelas IX. Bandung: Acarya Media Utama.

Wisudariani, Ni Made Rai. 2008. Efektivitas Masyarakat Belajar (Learning Community) dalam Wujud Diskusi Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII A SMP Negeri Penebel. Tugas Akhir (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha Singaraja.

Zainudin dan Basori Mukti. 1983. Pusat Sumber Belajar. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s