PTK SMP BAHASA INDONESIA (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN METODE KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA SMP)


PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN METODE KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA SMP NEGERI 2 TANON – SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008

ABSTRAK

Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru bahasa Indonesia ketika mengajar siswanya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan menulis siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tanon tahun pelajaran 2007/2008.

Metode yang digunakan adalah metode kooperatif Jigsaw yang menuntut siswa harus aktif dalam kelompok ahli, kelompok asal, maupun dalam presentasi. Penelitian ini didesain dalam tiga siklus, dan setiap siklusnya mencakup tahapan merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama tiga siklus selalu meningkat. Siswa yang aktif pada siklus I dalam kelompok ahli terdapat 30%, dalam kelompok asal 32,5%, dan dalam presentasi 50%. Siswa yang aktif pada siklus II dalam kelompok ahli 62%, dalam asal 75%, dan dalam presentasi 77,5,5%. Siswa yang aktif pada siklus III dalam kelompok ahli mencapai 97,5%, dalam kelompok asal 95%, dan dalam presentasi mencapai 95%.

Hasil tes keterampilan menulis menunjukkan nilai rerata kelas pada kondisi awal adalah 60,0, dengan ketuntasan klasikal 35%, pada siklus I adalah 62,1 dengan ketuntasan klasikal 50,0 pada siklus II adalah 63,6 dengan ketuntasan klasikal 80%, dan pada siklus III adalah 67,3 dengan ketuntasan klasikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 1) penggunaan metode kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam pembelajaran menulis siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tanon tahun pelajaran 2007/2008, 2) penggunaan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil tes keterampilan menulis siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tanon tahun pelajaran 2007/008.

DAFTAR PUSTAKA

Arends, Richard I. 1997. Classroom Instruction and Management. Central Connecticut State University : The Mcgraw-Hill Companies Inc.

Badudu J.S. 1985. Cakrawala Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Burhan Nurgiantoro. 2005. Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi Ketiga. Yogyakarta: PT BPFE.

Depdiknas. 2002a. Pendekatan Kontekstual (Con textual Teaching and Learning). Jakarta : Ditjen Dikdasmen.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dan MTs. Jakarta.

Depdiknas. 2004e. Pengembangan Kemampuan Menyinting, Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Depdiknas. 2005. Penilaian Berbasis Kelas dalam Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Kemp, Jerrold, E. 1977. Instructional Design. California: Gleron Publishers.

Khaerudin Kurniawan. Model Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia bagi Penutur Asin Tingkat Lanjut. PBS Universitas Negeri Yogyakarta. http://www.ialf.edu/kipbipa/papers/khaerudinkurniawan.doc. Diakses, 22 Juni 2006.

Sarwiji Suwandi. 2004. Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Makalah Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Slavin, Robert. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice (second edition). Needham Heights, Massachusetts: A Simon & Schuster Company.

Sukmana. 2005. Menumbuhkan Budaya Menulis di Kalangan Siswa. Buletin Pusat Pebukuan, Volume 11, Januari-Juni 2005, Jakarta: Pusat Perbukuan.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s