PTK SMP BAHASA INDONESIA (PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI MELAUI METODE EXPERIENTIAL LEARNING SISWA KELAS VII)


PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI MELAUI METODE EXPERIENTIAL LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEBONSARI KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

______________ 2009. Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi melalui Metode Experiential Learning Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kebonsari, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun.

Kata Kunci: apresiasi puisi, metode experiential learning

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan apresiasi puisi serta kualitas proses dan hasil belajar dalam kegiatan apresiasi puisi pada -siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kebonsari melalui implementasi metode experiential learning yang dilaksanakan secara kolaborasi dengan guru Bahasa Indonesia.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Jenis instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu 1) tes, dan 2) non tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas menggunakan trianggulasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Desain penelitian ini menganut model Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik analisis kritis. Teknik analisis kritis mencakup kegiatan untuk mengungkap kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Subjek penelitian menggunakan siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Kebonsari yang berjumlah 39 siswa.

Dari tindakan-tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini, diperoleh hasil analisis data pada siklus pertama jumlah siswa yang berhasil (tuntas) adalah 19 anak atau mencapai 48,72%, pada siklus kedua diperoleh jumlah siswa yang berhasil (tuntas) adalah 34 anak atau mencapai 87,17%, sedangkan pada siklus ketiga diperoleh jumlah siswa yang berhasil (tuntas) adalah 35 anak atau mencapai 89,74%.

Berdasarkan hasil analisis data selama tiga siklus, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode experiential learning dalam kegiatan mengapresiasi puisi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kebonsari dapat: (1) meningkatkan hasil belajar apresiasi yang dapat diamati dari ketuntasan siswa yang mencapai $9,74% pada akhir siklus III, (2) meningkatkan kualitas proses belajar yang tampak dari keaktifan siswa mengajukan pertanyaan, ketika proses belajar maupun diskusi berlangsung, hasil kerja kelompok yang diselesaikan tepat aaktu. dan kinerja kelompok. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan b®haa metode experiential learning efektif untuk membantu siswa dalam meaingkatkan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kebonsari. Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2008/2009.

DAFTAR PUSTAKA

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo.

Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BPFE.

Diktat Apresiasi Puisi (http://Nuerhadi1999.files.wordpress.com/2008/08/diktat­apresiasi-puisi.doc).

FX. Suwardo. 2000. Apresiasi Puisi dan Beberapa Metode Pengajarannya, Jurnal Pendidikan IKIP PGRI Madiun, (1): 21-33.

H. Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

H.B Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Herawati Susilo dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia.

Herman J. Waluyo. 2008. Peningkatan dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press.

________ . 2002. Apresiasi Puisi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Isah Cahyani. Peran Experiental Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar BIPA, (online), (www. ialf. edu/kipbipa/papers/cahyanilsah. doc-diakses 10 Maret 2009).

Kinayati Djojosuroto. 2004. Prinsip prinsip Dasar Penelitian Bahasa dan Sastra. Bandung: Nuansa.

_________ , 2006. Pengajaran Puisi, Analisis dan Pemahaman. Bandung: Nuansa.

___________ . 2006. Analisa Teks Sastra dan Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka.

Model Experiential Learning dalam menulis puisi (http://e-dukasiku.blogspot.com /2009/O 1 / model-experiential-learning-dalam 21. html).

Penggunaan Media Poster terhadap Menulis Puisi. (http://blogspot.com/ 2008/8/html).

Pupuh Fathurrohman dkk. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Rochiati Wiriaatmadja. 2006: Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sarwiji Suwandi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta.

Siswantoro. 2002. Apresiasi Puisi puisi Sastra Inggris. Surakarta: Muhamadiyah University Press.

Suciati, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudjana. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Suharsimi Arikunto dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutedjo dan Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif, Kiat Cepat Menulis Cerpen dan Cerpen. Yogyakarta: Nadi Pustaka.

Taufik Darmawan. 1999. Apresiasi Puisi, Konsep Dasar, Pendekatan dan Prosesnya. Malang: Universitas Malang

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s