PTK SMA BIMBINGAN KONSELING (MENINGKATKAN KONSEP DIRI YANG POSITIF MELALUI KONSELING PEER GROUP)


MENINGKATKAN KONSEP DIRI YANG POSITIF MELALUI KONSELING PEER GROUP PADA SISWA KELAS X.5 DI SMA NEGERI 56 JAKARTA

ABSTRAK

MENINGKATKAN KONSEP DIRI YANG POSITIF MELALUI KONSELING PEER GROUP PADA SISWA KELAS X.5 DI SMA NEGERI 56 JAKARTA

Penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi di lapangan yaitu di SMA Negeri 56 Jakarta bahwa banyak siswa menunjukkan perilaku seperti: sangat peka terhadap kritik, hiperkritis terhadap orang lain, responsif berlebihan terhadap pujian, kurang mampu mengendalikan emosi, kurang yakin akan kemampuan diri sendiri dan pesimis terhadap kompetisi. Gejala-gejala tersebut mengidentifkasikan bahwa siswa kurang memiliki konsep diri yang positif.

Fenomena di atas mendorong peneliti untuk mengkaji efektifitas konseling peer group dalam meningkatkan konsep diri yang positif pada siswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah suatu kajian reflektif yang dilakukan konselor dalam meningkatkan kemampuannya berfikir secara rasional dan bertindak untuk memperbaiki kualitas bimbingan terhadap siswa sehingga diperoleh kesimpulan: 1) konseling peer group dalam layanan pribadi sosial dapat meningkatkan konsep diri yang positif pada siswa sebesar 8,66% pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 11,46% pada siklus II; 2) melalui konseling peer group, siswa terlatih dan terampil dalam meningkatkan konsep dirinya yang positif.

Penelitian ini menghasilkan rekomendasi yang ditujukan pada peneliti selanjutnya untuk mengkaji efektifitas konseling peer group dengan meneliti variabel yang sama dengan jumlah sampel yang relatif lebih besar sehingga hasil penelitian lebih representatif.

Kata Kunci : Konsep diri yang positif, konseling peer group

DAFTAR PUSTAKA

Http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/cgi-bin/librari 2009, Efektivitas Kegiatan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Group untuk meningkatkan konsep diri yangpositif.

Muslihuddin, 2009., Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, CV. Lotus Mandiri.

Suherman Uman, 2007, Materi Layanan Informasi dalam Bimbingan dan Konseling, Bekasi, Madani Production.

Rusmana Nandang, 2008, Pelatihan Teknik-Teknik Bimbingan Kelompok Menggunakan Latihan Kelompok, UPI Bandung.

Tim Bimbingan dan Konseling, 2008, Materi dan Metodologi Pembelajaran Bimbingan dan Konseling, UPI Bandung, tidak diterbitkan.

Undang – Undang Sistim Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, Jakarta.

WinkelW.S, 1991, Bimbingan dan  Konseling di Institusi Pendidikan, Jakarta, PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yusuf Syamsu, 2002, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung, PT Remaja Rosda Karya

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472  / PIN : 2771D5FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s