PTK SMA SOSIOLOGI (MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI POKOK DESAIN PENELITIAN SOSIAL DENGAN PENGGUNAAN RUANG MULTI MEDIA)


UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI POKOK DESAIN PENELITIAN SOSIAL DENGAN PENGGUNAAN RUANG MULTI MEDIA PADA SISWA KELAS XII IS 1 SMA NEGERI 1 MADIUN SEMESTER II TAHUN 2008/2009

ABSTRAK

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI POKOK DESAIN PENELITIAN SOSIAL DENGAN PENGGUNAAN RUANG MULTI MEDIA PADA SISWA KELAS XII IS 1 SMA NEGERI 1 MADIUN SEMESTER II TAHUN 2008/2009
Oleh : …………………….( Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Madiun )
Alamat : Jl. Mastrip No. 19 Madiun Jawa Timur

Berawal dari rendahnya pemahaman siswa dan bosannya siswa dengan pembelajaran konvensional di dalam kelas, maka guru mengadakan perbaikan pembelajaran dengan penggunaan ruang multi media. Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan pemahaman Materi Pokok Desain Penelitian Sosial pada siswa kelas XII IS 1 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009.

Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan yaitu dari tanggal 01 Pebruari 2009 s. d. 31 Maret 2009. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Madiun pada kelas XII IS 1 Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.

Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Pada pra siklus sebanyak siswa yang tuntas 32,4% atau 11 dari 34 siswa dan siswa yang tidak tuntas adalah 23 dari 34 siswa atau 67,6%. Pada siklus I, siswa yang tuntas adalah 19 dari 34 siswa atau 55,9% Terdapat peningkatan 23,5% dari sebelum diadakan perbaikan dan siswa yang tidak tuntas adalah 15 dari 34 siswa atau 44,1%. Penguasaan materi Sosiologi sesudah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus II  adalah: siswa yang tuntas 32 dari 34 siswa atau 94,1%. Terdapat peningkatan 38,2% dari siklus I dan siswa yang tidak tuntas adalah 2 dari 34 siswa atau 5,9%. Dengan adanya peningkatan ketuntasan siswa dari pra siklus ke siklus I dan dilanjutkan ke siklus II, maka hipotesa yang mengatakan “Penggunaan Penggunaan Ruang Multi Media dapat meningkatkan prestasi belajar Sosiologi pada materi pokok Desain Penelitian Sosial siswa kelas XII IS 1 SMA Negeri 1 Madiun semester II Tahun Pelajaran 2008/2009” terbukti kebenarannya.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto. S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

————-. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Darhim. 1993. Workshop Kimia. Jakarta : Depdikbud.

Darsono. Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.

Hartono. 1991. Metode Belajar. Semarang : IKIP Semarang Press.

Kurniadi. A. 1999. Pemrograman Microsoft Visual Basic 6. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Rahadi. Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Tatang Sutarsa. 1996. Kimia 1. Jakarta : Penerbit Yudhistira.

Tim MKPBM. 2001. Proses Belajar Mengajar. Semarang : IKIP Semarang Press.

Tim Redaksi. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Winkel. WS. 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s